Ticker

6/recent/ticker-posts

MENGAPA SURAT AL KAHFI LEBIH AFDHAL DIBACA PADA MALAM DAN HARI JUM'AT



Oleh : Prof.Asasriwarni MH

Hari Jumat, bagi umat islam merupakan hari yang spesial. Karena, banyak hal disunnahkan di hari yang mulia ini. Salah satunya adalah  Rasulullah  SAW mensunahkan untuk membaca Alquran. Terutama, surah al-Kahfi dianjurkan untuk dibaca setiap malam dan hari Jumat.


Beberapa hadits  membahas tentang surah yang menempati urutan ke-18 dalam Alquran ini. Karena, kita akan mendapatkan banyak keutamaan dengan membaca Surat Al Kahfi di malam dan hari Jumat. Apa saja keutamaannya?

 

*1. Akan Terlindungi Dari Fitnah Dajjal :*


Dari Abu Darda’ mengatakan, bahwa  Rasulullah SAW bersabda sbb :  


مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ


*Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal*(HR. Muslim No. 809).


Selanjutnya An Nawas bin Sam’an mengatakan, bahwa Rasulullah SAW berdabda sbb : 


فَمَنْ أَدْرَكَهُ مِنْكُمْ فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُورَةِ الْكَهْفِ


*Barangsiapa di antara kalian mendapati zamannya Dajjal, bacalah awal-awal surat Al Kahfi* (HR. Muslim No. 2937).


Demikuan juga Abu Darda’ mengatakan,  bahwa Rasulullah SAW bersabda sbb :  


مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ ». قَالَ حَجَّاجٌ « مَنْ قَرَأَ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ سُورَةِ الكَهْفِ »


*Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” Hajjaj berkata, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al Kahfi* (HR. Ahmad 6: 446. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwa sanad hadits ini shahih, perowinya tsiqoh termasuk dalam periwayat shahihain Bukhari dan Muslim- selain Ma’dan bin Abi Tholhah Al Ya’mari yang termasuk perowi Muslim).


*2. Akan Mendapatkan Cahaya :*


Dan di antara waktu yang baik untuk membaca surat Al Kahfi adalah di hari Jum’at. Dalam hadits dari Abu Sa’id Al Khudri disebutkan, bahwa : 


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ


*Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah*  (HR. Ad Darimi 2: 546. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ No. 6471).


Selanjutnya juga dari Abu Sa’id Al Khudri mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda sbb :  


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ


*Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at* (HR. Al Baihaqi dalam Al Kubro 3: 249. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ No. 6470).


*3. Akan Mebdapat Ampunan Dosa :*


Rasulullah SAW bersabda sbb : 


مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ


*Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan _diampuni dosanya antara dua jumat_* (HR.  Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al-Tarhib).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS