Ticker

6/recent/ticker-posts

UK Robotika dan Otomasi Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UKRO KM UNP) Ciptakan ROBANA (Robot Anti Corona)




Padang-- Berdasarkan Surat Zonasi Covid-19 Gubernur Sumatera Barat Nomor:433.3/566/P2P-Dinkes/IX/2020, Kota Padang termasuk ke dalam Zona Resiko Tinggi (Zona Merah). Kehadiran wabah Covid-19 ini menyebabkan perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat. Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, mulai dari pelaksanaan ibadah, pekerjaan, pendidikan di rumah, karantina wilayah (lockdown), dan sekarang beralih kepada penerapan Normal Baru (New Normal).

Penerapan New Normal merupakan usaha untuk mengembalikan pelaksanaan kegiatan sehari-hari dengan pola hidup yang baru dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Robot merupakan suatu alat yang digunakan untuk menggantikan fungsi manusia dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Penggunaan robot dalam mendeteksi suhu tubuh dapat mengurangi interaksi fisik antar manusia dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, kami dari Unit Kegiatan Robotika dan Otomasi Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UKRO KM UNP) menciptakan ROBANA (Robot Anti Corona) berbasis image processing dengan menerapkan metode machine learning yang dikendalikan oleh mini PC. 

Robot ini berfungsi sebagai penjaga pintu masuk Rektorat UNP yang mampu mendeteksi penggunaan masker, suhu tubuh, dan penggunaan hand sanitizer otomatis. Kegiatan ini dibimbing oleh Bapak Risfendra, S.Pd., M.T, Ph.D, Dr. Mukhlidi Muskhir, S.Pd, M.Kom, dan Ketuai oleh Dani Satria Goci dengan10 anggota. (UK Robotika UNP/Humas UNP).


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS