Ticker

6/recent/ticker-posts

Masyarakat Nagari Aia Gadang Telah Terima BLT DD, Bagi Yang Belum Sabar

Jurnalis Sumbar.id
Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak covid 19, sebanyak 339 Kepala Keluarga (KK) di Enam Kejorongan yang ada di Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hingga saat ini sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 35 persen dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Alokasi Dana Nagari (ADN) tahun 2020.

Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin melalui Sekretaris Nagari, Eka Putra kepada Jurnalis Sumbar.id Sabtu (30/5/2020) mengatakan, BLT dari dana ADD dan ADN Nagari Aia Gadang dan BLT dari Kemensos pusat telah diterima masyarakat pada pertengahan Mei ini.

"Masyarakat Nagari Aia Gadang yang terdaftar namanya sebagai penerima BLT dari Kemensos pusat dan Nagari Aia gadang telah menerima dana tersebut pada pertengahan bulan Mei kemaren,"Ujarnya.

Ditambahkan, memang ada sebagian masyarakat yang namanya dicoret dalam daftar penerima bantuan tersebut dikarenakan, sudah ada yang meninggal dunia dan termasuk dalam penerima PKH dan sembako yang disalurkan setiap bulannya.

"Ada sebagian nama yang dicoret dari daftar penerima dan akan verifikasi kembali oleh petugas sosial, TKSK dan pendamping PKH bersama dengan pemerintahan Nagari untuk dilaporkan ke Dinas Sosial untuk diterbitkan kembali rekomendasi bagi yang berhak menerima.

Sementara itu,Kepala Dinas Sosial Pasbar, Yonisal kepada haluan.com Sabtu (30/5) mengatakan, ada Empat macam program BLT yang di siapkan oleh pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi pandemi covid 19 saat ini, yaitu BLT Kemensos, BLT Provinsi Sumbar, BLT Kabupaten dan BLT Nagari.

"Ada Empat macam bantuan yang disiapkan pemerintah untuk masyarakat dalam menghadapi pendemi covid 19 ini, dengan harapan dapat meringankan beban perekonomian masyarakat,"Ungkapnya.

Yonisal menjelaskan, perima BLT pusat merupakan data yang ditentukan pemerintah pusat dari  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di pusat. Sementara data penerima BLT tersebut melalui Bank, BRI, BNI serta Pos dan Giro.

Untuk bantuan Profinsi, datanya diserahkan dari kabupaten melalui data yang telah diverfikasi masing-masing nagari yang diantar langsung Pos dan Giro ke penerima.

Sementara untuk BLT Kabupaten, data penerima masih diproses untuk data akuratnya. Namun kemungkinan akan tuntas dalam Dua minggu kedepan yang rencana disalurkan melalui Bank BRI.

Kemudian BLT dari Pemerintah Nagari akan disalurkan melalui Bank Nagari yang datanya diverifikasi berdasarkan hasil musyawarah nagari.

"Semua data penerima tidak boleh ada yang dempet dari Empat macam bantuan tersebut, kalau ada penerima ganda akan ditinjau dan diverifikasi kembali oleh Nagari bersama TKSK dan pendamping PKH yang akan dilaporkan ke Dinas Sosial,"Jelasnya.

Ia berharap, agar masyarakat dapat bersabar dalam menunggu verifikasi data yang saat ini masih dalam proses. bagi masyarakat yang sudah mapan agar dapat memprioritaskan bantuan tersebut kepada masyarakat lainnya yang memang tidak mampu,"Harapnya.

(Robi)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS