Ticker

6/recent/ticker-posts

Irwan Basyir Apresiasi Goro Warga Delima Perumnas Belimbing Padang

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM sekaligus Ketua Penasehat BMPN Pauh IX Kuranji memotivasi warga Blok A Perumnas Belimbing Kuranji melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan RT. 01 sampai RT.08 di RW.08, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (30/05/2020).

Pantauan media di lapangan, atas kedatangan Irwan Basir Datuk Rajo Alam di sambut antusias warga setempat.





Dalam sambutannya Irwan Basir menyampaikan, kegiatan gotong royong ini bagian program kegiatan Lembaga Perdayaan Masyarakat (LPM), dalam memberdayakan masyarakat terutama membersihkan lingkungan khususnya di RT. 05 sampai dengan RT 08 di wilayah RW.08 Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji.



Kegiatan gotong royong ini semua warga harus meninggalkan status dan kasta Masing - masing, dalam menyinsingkan lengan baju untuk melalsanakan gotong royong. Sebab, warga diharapkan tidak lagi mengedepankan statusnya, tapi bagaimana membangun kebersamaan dalam suasana gotong royong.

Kita sangat mengapresiasi kekompakan masyarakat Delima Blok A dengan bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Terutama agar masyarakat terus menggaungkan semangat gotong royong saat harus menghadapi wabah virus corona Covid-19, ujarnya.

Selain itu, Irwan Basir juga mengatakan, memang daerah ini sebelumnya merupakan Nagari Pauh IX, sebelum suasana pemerintahan nagari luar Padang Kota, Kabupaten Padang Pariaman. Namun, kini nagari sudah masuk dalam administrasi pemerintahan kota, sehingga pemerintahan terendah Kelurahan dibantu RW dan RT.

Namun, rasa sistem kekerabatan adat msih kental. Maka, warga disini meninggalkan embel embel kasta masing masing. Artinya, ditinggalkan dusanak dicari dusanak.

Semangat gotong royong antar masyarakat, telah banyak dilakukan salah satunya diwujudkan dalam bentuk aksi kepedulian dan solidaritas terhadap sesama, baik dalam rangka melawan Covid-19 maupun bersatu mengurangi beban perekonomian masyarakat.

“Tidak hanya peduli mengatasi Covid-19 namun juga kepedulian agar roda ekonomi masyarakat tetap bergerak dan berputar serta adanya berbagai bantuan kemanusiaan, sikap gotong royong sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Datuk Rajo Magek, S. Ag, MM menyampaikan kegiatan gotong royong ini sudah berlangsung selama 1 Minggu mulai dari tanggal 25-31/05/2020 di Perumnas Belimbing, Blok A. Bahwa kunci dari pengendalian wabah virus corona (Covid-19) adalah kedisiplinan dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

“Disiplin yang kuat mematuhi peraturan dan semangat gotong rotong untuk saling membantu. Hal ini harus dilaksanakan secara bersama-sama dan terus menerus, tidak boleh terputus," ujarnya M Fikar yang akrab disapa Datuk Rajo Magek.

Selian itu, M Fikar didampingi Ketua RW.08 Kadril Rajo Darek, SH menyampaikan, ini bagian dari program LPM dalam memberdayakan masyarakat. Diantara kegiatan gotong royong dalam menciptakan kebersihan lingkungan dan terima kasih bantuan terhadap warga Gotong royong senilai Rp.500 ribu untuk memotivasi warga melaksanakan gotong royong, ujarnya.

“Goro ini bagian program kegiatan LPM, dalam memberdayakan masyarakat terutama dalam membersihkan lingkungan khususnya di RT 05/08 Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji,” ujar kata M Fikar yang akrab disapa Datuk Rajo Magek.

Selain itu, M Fikar berharap rasa kemanusiaan dan gotong royong turut ditunjukkan dengan terus membantu, tidak mengucilkan dan tidak memberikan stigma negatif terhadap tetangga yang terpapar covid-19. Sebaliknya dukungan moral, sosial dan ekonomi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan diri penyintas covid-19, ujarnya.

Sekretaris BMPN Pauh IX Kuranji sekaligus Ketua RW.08 Kadril, SH Rajo Darek mengatakan, pengawasan ketat di setiap RT. 01 sampai RT.08 di RW.08 mampu memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Perumahan Delima, Belimbing harus mampu memanfaatkan organisasi pemerintahan yang bagus ini untuk mencegah penularan masif.

Organisasi yang juga menjangkau setiap RT adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sedang di level warga dan kelurahan ada berbagai organisasi yang bisa dikerahkan untuk memerangi wabah virus corona (Covid-19).

Yakni organisasi kemasyarakatan termasuk kepemudaan, dan sebagainya. Upaya pencegahan sebaran Covid-19 melalui rapid test atau pemeriksaan cepat dan massal serta penelurusan kontak yang cepat tidak akan berhasil apabila tidak melibatkan berbagai elemen masyarakat, ujarnya.

Ketua RW. 08 Kadril Rajo Darek, SH mengucapkan terimakasih kepada Bapak Irwan Basir dan M Fikar atas kehadiran, peduli membantu dalam kegiatan gotong royong bersama warga Delima, Blok A, Perumnas Belimbing. Semoga Bapak Irwan Basir dan M Fikar selalu diberikan kesehatan dan selalu dimurahkan reziki, pangkasnya.

Sumber: Humas LPM Kota Padang

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS