Ticker

6/recent/ticker-posts

AJO Pasbar Sosialisasikan UUITE Di SMAN 1 Pasaman



Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) Perkumpulan Jurnalistik Online (AJO) Pasbar melaksanakan sosialisasi terkait Hoax dan UU ITE di SMAN 1 Pasaman, 

Dalam acara ini, Kepala sekolah SMAN 1 HUSIN. Membuka sosialisasi yang diikuti 60 orang Siswa pada hari Sabtu (8/2)

Wakasek Bidang Humas, Asman mewakili sekolah menyampaikan,  harapannya agar siswa mampu memilah rangkaian informasi yang bisa menyesatkan, apalagi menurutnya di era kini rata-rata pengguna sosial saat ini akan tertarik bila melihat adanya informasi baru,  sementara kebenarannya belum dapat dibuktikan.  

" hati-hati terhadap status atau judul suatu informasi di medsos, teliti, cemati dan pahami dulu sebelum mensharenya " jelasnya. 

Ketua AJO Pasbar, M Fadli Nasution pada kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan bahwa, selama ini kita akan lebih suka melihat adanya status atau judul yang menarik,  sementara menurut Fadli apa yang ditulis pada judul dan status tersebut belum tentu benar,  makanya harapannya agar jangan buru-buru di share.  

Ditambahkannya bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional .

"melalui kegiatan ini kita berharap agar generasi kita ke depan tidak lagi terjerat dengan berita-berita hoax dan terhindar dari UU ITE" harapnya. 
  
Sementara, Andika adi Sahputra salah satu anggota pengawas di AJO dan saat ini juga sebagai wartawan TVRI Sumbar sebagai pemateri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sosialisasi ITE ini khusus ditujukan kepada adik-adik agar mempergunakan alat komunikasinya untuk informasi yang positif. 

Menurutnya Hoax berdasarkan Kamus besar Bahasa Indonesia Hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber,  yakni informasi yang terlihat benar,  tetapi dibuat seolah-olah benar. 

Lebih jauh Andika mengenalkan kepada siswa SMAN 1 Pasaman bagaimana mengantisipasi penyebaran hoax dan bagaimana menyikapinya serta mencegah agar hoax tersebut tidak menyebar. 

" jika adik-adik menemukan adanya hoax, dan agar hal itu tidak menyebar, adik-adik bisa melaporkan hoax tersebut ke laman web trustpositif.kominfo.go.id" serunya.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS