Ticker

6/recent/ticker-posts

DLH Pasaman Barat Dukung Anwar Untuk Raih Kalpataru Nasional

Jurnalis Sumbar

Anwar warga jorong Situak  Ujunggading
Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat, penyelamat lingkungan sudah selayaknya diapresisasi mengingat perannya cukup strategis bagi pemanfaat lingkungan yang berada disekitarnya.


Hal tersebut diketahui saat  Tim pendampingan peduli Lingkungan Kalpataru Kabupaten Pasaman Bara Barat, Sumbar yang dipimpin Andrinaldi selaku kepala dinas Lingkungan Hidup  melakukan pembinaan langsung kepada Anwar selaku calon penerima Kalpataru tingkat Nasional. 

Untuk apresiasinya,  Dinas lingkungan Hidup Pasbar mendatangi  Anwar pada Rabu 22/1/2020, DLH menyerahkan  bantuan bibit berupa tanaman kayu Mahoni 30 batang, Bayur 15, Duku 5 batang, Jambu Jamaika 5,Jambu Biji Merah 5,Petai 6, Pokat 6 dan bibit Jengkol 4 batang untuk ditanam sekitar areal hutan seluas 5 hektar tersebut.


Pada kesempatan itu, tim meninjau 6 lokasi sumber mata air, dari sekian banyak yg ada diareal hutan alam dan hutan buatan milik Anwar. Semua mata air disini selalu mengeluarkan air meskipun musim kemarau yang menyatu kehilir membentuk sungai Batang Bayang yang merupakan sungai terbesar kedua setelah batang Sikerbau di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Andrinaldi menuturkan "Kecintaan pak Anwar pada pepohonan sudah dibuktikan dengan tetap mempertahankannya dan diantara pepohonan itulah ditanami Kopi, Cabe Rawit dan tanaman pinang untuk sumber penghasilan belanja dapur. Dengan hidup sederhana nampak pada beliau dengan tidak ikut tanam sawit yang banyak menguras air tanah," ungkap Adrinaldi pada Jurnalis Sumbar, Jumat (24/01/2020).

Dengan penghasilan 300 ribu tiap minggu dari hasil taninya kopi, cabe dan pinang sudah cukup untuk menghidupi keluarganya. Kesederhanaan  beliau terlihat  tidak miliki motor, hp, baju bagus, rokok pabrikan bahkan kebun pun tanpa alas kaki. Baginya mendengar kicauan burung dan sahutan rimbo adalah kenikmatan tersendiri. 

"Pada tahun 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup Pasbar mendukung penuh kepedulian Anwar dengan lingkungan, Ia dipromosikan ke level Nasional, Semoga Pak Anwar sukses membawa harum nama Kabupaten Pasaman Barat," harap Adrinaldi.

Raih Kalpataru !

(Dodi Ifanda)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS