Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Apresiasi Wisuda Tahfidz Al-Qur'an ke-V Pondok Al-Qur'an Istiqomah Nagari Rabi Jonggor



Pasbar, jurnalissumbar.com--


Hari ini adalah wisuda ke-V, artinya sudah lima tahun Pondok Al-Qur'an Istiqomah ini mewisuda anak-anak yang hafal Al-Qur'an. Atas nama Pemerintah Daerah, kami bersyukur dan mengapresiasi karena Pondok Al-Qur'an ini sudah mengajarkan anak didik menjadi penghafal Al-Qur'an. Hari-hari mereka harus dihiasi dengan Al-Qur'an agar anak memiliki jiwa yang tenang untuk menyongsong masa depannya. Hal ini juga akan menciptakan kemakmuran bagi Pasbar, khususnya Paraman Ampalu.


Hal tersebut diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Plt. Kasatpol PP dan Damkar Edison Zelmi, Camat Gunung Tuleh Sahdan, Pj Wali Nagari Rabi Jonggor Abna Mufid, KUA, Bamus, tokoh masyarakat, orang tua santri, dan stakeholder terkait saat menghadiri sekaligus mewisuda santri Pondok Al-Qur'an Istiqomah Nagari Rabi Jonggor di Gedung Pertemuan Sarumbuk Maroban Tua Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Selasa (9/7).


Lebih lanjut, Bupati mengajak semua pihak agar bergerak bersama menuju kebaikan. Kebaikan itu didapatkan melalui fondasi agama. Paraman Ampalu ini, ungkapnya, sejak zaman dahulu terkenal dengan orang pintar dan agama yang kuat. Ia yakin dan percaya generasi muda Paraman Ampalu bisa mengembalikan citra baik tersebut.


"Tanpa agama yang kuat, kemakmuran tidak akan tercipta. Paraman Ampalu dari zaman dahulu sangat terkenal dengan agama yang kuat, mari kita kembalikan anggapan tersebut seperti sediakala. Bagaimana kita agar masuk surganya Allah yaitu dengan mengajarkan anak dan membiasakannya dengan Al-Qur'an. Sebab satu orang anak dapat membawa keluarga serta orang sekelilingnya masuk ke surga Allah SWT," ungkap Bupati.


Selain itu, Pj Wali Nagari Rabi Jonggor Abna Mufid menghimbau anak didik yang diwisuda pada saat itu agar menjadikan wisuda itu sebagai awal dan bekal dalam mengarungi hidup. Sebab Al-Qur'an, lanjutnya, adalah pedoman di tengah maju dan banyaknya tantangan zaman modern ini.


"Terima kasih kepada Bapak Bupati melalui kebijakan dan program beliau yang kami rasakan. Program beliau menyentuh pada kami, salah satunya adalah program Tahfidz Al-Qur'an. Insyaallah tahun ini kami menerima bantuan untuk membangun rumah dinas bagi ustaz dan ustazah agar lebih dekat dan mudah dalam mengajar anak didik. Bukan hanya Tahfidz Al-Qur'an, ada program Berobat Gratis yang memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Program ini sangat kami rasakan di Paraman Ampalu," sebutnya.


Di samping itu, Panitia Pengurus Pondok Al-Qur'an, M. Azhar Batubara, mengungkapkan bahwa sejak berdiri tahun 2018, Pondok Al-Qur'an Istiqomah telah mewisuda anak didik hingga angkatan ke-V. Santri yang diwisuda pada hari itu sebanyak 61 orang dan hafalan tertinggi mencapai 8 juz Al-Qur'an.


"Anak didik kami bukan hanya dari Paraman Ampalu. Namun, Pondok Al-Qur'an Istiqomah dalam upaya meningkatkan kualitas iman menampung anak didik dari Talang Kuning, Ampung Goa, hingga Rantau Panjang. Kendati demikian, kami masih kekurangan tenaga pengajar. Kehadiran Bapak Bupati semoga dapat mencarikan solusi bagi kendala yang kami hadapi," jelasnya.


Di akhir acara, Bupati melakukan pengalungan medali wisuda serta menyerahkan piagam kepada 61 santri sebagai bukti kelulusan angkatan ke-V Pondok Al-Qur'an Istiqomah Nagari Rabi Jonggor.(hn)**

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS