Ticker

6/recent/ticker-posts

Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T Resmi Dilantik sebagai Rektor UNP

 




Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) untuk periode 2024-2029 pada Rabu (5/6/2024) pagi.


Pelantikan dipimpin oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd di Auditorium Kampus Air Tawar UNP. Dr. Krismadinata menggantikan Prof. Ganefri, Ph.D yang telah menjabat sebagai Rektor UNP selama dua periode sejak 2016.


Pelantikan ini didasarkan pada Surat Keputusan MWA UNP Nomor 111/UN35.MWA/HK/2024 tentang Pemberhentian Rektor Universitas Negeri Padang Periode 2020-2024 dan Pengangkatan Rektor Universitas Negeri Padang Periode 2024-2029.


“Pada hari ini, Rabu 5 Juni 2024, saya Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Negeri Padang dengan resmi melantik saudara Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T dalam jabatan rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 sesuai dengan Surat Keputusan yang telah dibacakan,” kata Prof. Mawardi Effendi saat melantik Rektor UNP.


Dalam sambutannya, Dr. Krismadinata berkomitmen untuk menjadikan UNP sebagai universitas berstandar dan berkualitas global. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dari Prof. Ganefri, Ph.D.


“Universitas Negeri Padang akan terus menjadi wakil pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Peran UNP akan semakin vital dalam memetakan dan merumuskan masalah yang dihadapi dunia pendidikan bangsa ini. Dalam konteks ini, UNP diharapkan dapat menyampaikan visi dan misi bangsa ini. UNP akan menjadi garda depan dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045,” ungkapnya.


Sementara, Rektor UNP Periode 2020-2024, Prof. Ganefri, dalam sambutannya mendorong UNP untuk terus berinovasi dan meminta seluruh sivitas akademika UNP mendukung Dr. Krismadinata dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi UNP.


“Kami yakin dengan kemampuan Bapak Krismadinata. Hari ini, dalam perjalanan pemilihan rektor, kami berharap Universitas Negeri Padang menjadi kampus yang nasionalis. Kita berharap kampus ini bisa menjadi contoh bagi kampus lain terkait siapa saja yang bisa berkontribusi di UNP asal memiliki kemampuan,” katanya.


Prof. Ganefri juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari MWA, SAU, pimpinan UNP, dosen, dan tenaga pendidikan yang telah berkomitmen memajukan UNP selama ini.


Turut hadir dan memberikan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang diwakili Plt Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemdikbud Ristek, Dr. Brimo Widyo Andoko, S.H, M.H, serta Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Hansastri, Ak, M.M, serta Staf Khusus Percepatan Bidang Tata Kelola Minerba Irwandi Arif.


Dr. Krismadinata, yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT) UNP, terpilih setelah melalui sejumlah tahapan pemilihan rektor yang diselenggarakan oleh MWA sejak Januari 2024. Pada pemilihan yang dilakukan MWA pada Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor 2024-2029 yang digelar di Ruang Sidang Senat, Rabu (8/5/2024) lalu, ia meraih suara terbanyak dengan 17 suara dari total 24 suara MWA, dimana 9 suara berasal dari Menteri dan 15 suara dari anggota MWA lainnya.


Sedangkan Dua calon rektor lainnya, Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D, mendapatkan 6 suara, dan Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, mendapatkan 1 suara.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS