Ticker

6/recent/ticker-posts

Universitas Negeri Padang (UNP) kini resmi memiliki Rektor terpilih periode 2024-2029. Sosok tersebut ialah Krismadinata.

 


Universitas Negeri Padang (UNP) kini resmi memiliki Rektor terpilih periode 2024-2029. Sosok tersebut ialah Krismadinata.


Krismadinata berhasil memenangkan pertarungan perebutan kursi orang nomor satu di UNP dengan raihan 17 dari 24 suara anggota Majelis Wali Amanat (MWA).


Ia berhasil menyingkirkan dua kompetitornya, yakni Prof Yohandri mendapatkan enam suara dan Refnaldi dengan satu suara.



Kepastian tersebut juga tertuang di Surat Keputusan (SK) Majelis Wali Amanat Universitas Negeri Padang nomor 101/UN35.MWA/HK/2024 tentang Penetapan Rektor Terpilih Universitas Negeri Padang Periode tahun 2024-2029 tanggal 8 Mei 2024.


Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP periode 2024-2029, Prof Alnedral mengatakan, rangkaian pemilihan rektor baru telah berlangsung sejak tanggal 19 Januari 2024 lalu, mulai dari penjaringan, penyaringan hingga pemilihan.


“Pemilihan ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama insan pers yang telah mensosialisasikan pemilihan Rektor ini, sehingga dirasa tidak ada hal yang negatif. Apa yang kami sampaikan, jelaskan, itu betul-betul sampai kepada masyarakat. Dari 11 calon menjadi tiga calon,” kata Alnedral, Rabu (8/5/2024) malam.


Jabatan Rektor UNP yang lama, kata Alnedral, akan berakhir pada tanggal 4 Juni 2024. “Otomatis tanggal 5 Juni 2024 itu dilantik (Rektor yang baru). Namun karena tentatif, secara resmi akan ditegaskan oleh Rektor,” katanya.


Proses pemilihan yang dihadiri 16 anggota MWA ini dipimpin langsung oleh Ketua MWA UNP, Prof Dr Z Mawardi Effendi didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Abdul Haris, serta Rektor UNP, Prof Ganefri dan juga unsur dari perwakilan masyarakat, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif.


“Dengan berakhirnya pemilihan Rektor hari ini maka berakhir pula proses Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029 yang sudah digelar sejak Januari lalu,” imbuhnya.



Sebagaimana diketahui, sebanyak 16 anggota MWA hadir dari 17 daftar anggota MWA. Anggotanya terdiri Menteri Pendidikan, Rektor, Ketua SAU, Perwakilan Dosen, Perwakilan Tenaga Pendidikan, Perwakilan Alumni, dan terakhir Perwakilan Masyarakat.


Setelah proses pemilihan oleh anggota MWA, dilaksanakan proses rekapitulasi perolehan suara Rektor terpilih yang dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Prof Dr Alnedral dan disaksikan langsung saksi dari Perwakilan Dosen, Prof Dr Minda Azhar, Perwakilan Masyarakat, Irwan Syahril, dan Perwakilan Tenaga Pendidik (Tendik), Upita Yeniza.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS