Ticker

6/recent/ticker-posts

PERJUANGAN PEMUDA YANG AMAT TINGGI UNTUK MEMBANGUN CITA CITA (KISA ASA KUBU RAYA)



Oleh : Gusdiana mahasiswa universitas Andalas Padang 

 

   Kisa asa kubu raya adalah sebuah kisah inspiratif tentang keberanian ketekunan dan semangat pantang menyerah dalam menghadapi tantangan. Kisah ini melibatkan perjuangan seseorang atau sekelompok orang dalam mengatasi rintangan atau menggapai impian mereka di daerah Kubu Raya. Didalam cerita kisa asa kubu raya ini mereka dalam menghadapi masalah seperti tantangan ekonomi, sosial atau bahkan probadi. Mereka menggunakan semangatnya untuk mengatasi segala kesulitan yang mereka hadapi. Langkah yang mereka ambil yaitu melibatkan usaha keras, pendekatan kreatif, dan kerja sama degan orang lain dalam komunitasnya. Dampak yang mereka dapatkan yaitu selama menjalankan program nya dapat memberikan inspirasi kepada orang lain, memperbaiki kondisi hidup di lingkungannya, hingga membangun fondasi untuk perubahan positif dalam masyarakat kubu raya.

   Langkah langkah berdirinya taman baca yang mana bermulanya Berdirinya di Kubu Raya taman membaca yang mana didasari degan perjuangan yang mana perjuangan ini bermula dari melakukan Penelitian tentang kebutuhan, pendidikan dan literasi di wilayah Kubu Raya dan juga berinteraksi degan masyarakat setempat untuk memahami kebutuhan mereka. Yang kedua mencari

dukungan dari individu organisasi atau lembaga yang memiliki minat atau kesamaan visi untuk mendirikan taman baca atau degan cara berupa donasi atau dukungan sukarelawan. Yang ketiga memilih lokasi strategis untuk mendirikan taman baca yang mudah diakses oleh masyarakat seperti di dekat sekolah,perpustakaan umum atau pusat komunitas. Yang keempat mulai merencanakan  dan mempersiapkan infranstruktur fisik taman baca, termasuk ruang baca rak buku, kursi dan fasilitas lainnya yang sesuai degan kebutuhan masyarakat. Kelima Setelah taman baca nya selesai mereka melakukan sosialisasi dan memperkenalkan taman baca kepada masyarakat. Tujuan Kubu Raya mendirikan taman bacaya yaitu untuk mempermudah bahan bacaan dan sumber belajar bagi masyarakat, terutama anak anak dan remaja yang mungkin tidak memiliki akses ke perpustakaan atau sumber daya pendidikan. Membangun budaya membaca dan meningkatkan minat membaca di kalangan masyarakat, terutama anak anak dan remaja, sehingga mereka dapat mengambangkan keterampilan literasi yang penting untuk kesuksesan akadamik dan profesional. Memperluas wawasan dan pengetahuan memberikan akses kepada masyarakat untuk mengeksplorasi sebagai topik ide dan pengetahuan melalui buku dan bahan bacaan yang tersedia di taman baca, sehingga mereka dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Mendorong pembelajaran sepanjang hayat degan menyediakan sumber daya pendidikan  yang dapat di akses oleh individu dari berbagai latar belakang dan usia sehingga kemungkinan mereka untuk terus belajar dan berkembang. Menciptakan tempat bagi masyarakat untuk berkumpul berinteraksi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman sehingga memperkuat ikatan sosial dan solidaritas di antara anggota masyarakat dan tujuan Kubu Raya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan, literasi dan pengembangan komunitas.

   Kubu raya juga menjadi kawasan yang kaya akan sejarah dan budaya yang unik dalam karangka Indonesia yang luas yang mana :

1.     Kubu Raya adalah rumah bagi beragam etnis dan budaya, termasuk Dayak,Melayu, Tiohoa, dan Jawa, keaneka ragaman ini memperkaya warisan budaya daerah tersebut.

2.     Kubu Raya memiliki sejarah panjang dalam penambangan emas, yang telah mempengaruhi perkembangan ekonomi dan sosial di daerah tersebut, penambangan emas telah menjadi bagian penting dari sejarah dan identitas Kubu Raya.

3.     Lokasinya yang berbatasan degan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat memberikan Kubu Raya Pengaruh budaya yang unik dari kedua wilayah tersebut.

 

 

awal didirikannya taman baca oleh pemuda, tanggapan masyarakat mungkin bervariasi. Sebagian mungkin antusias dengan inisiatif tersebut, menganggapnya sebagai langkah positif untuk meningkatkan minat baca dan pendidikan. Namun, ada juga yang mungkin skeptis atau ragu tentang keberhasilannya, terutama jika belum ada pengalaman sebelumnya dengan konsep taman baca. Taman baca ini di resmikan  tanggal 23 april 2022. Penggiat pertama yang mendirikan literasi baca di Kubu Raya adalah Bapak N asir Djumi bapak ini kepala perpustakaan di Kubu Raya. Lalu beliau mengajak rekan rekannya untuk menyebar luas kan literasi baca ini pada tanggal 27 April 2022

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS