Ticker

6/recent/ticker-posts

Penerapan Sistem Kebijakan Reward dan Punishment Dalam Birokrasi

 




Nama : Dwi Fazira Adinda

Mahasiswi Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas

 

 


 

     Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting, terutama bagi suatu organisasi. Setiap organisasi pemerintah dituntut bekerja lebih cepat, efektif dan efisien. Oleh karena itu ketertiban tenaga kerja dalam aktivitas perusahaan perlu dilengkapi kemampuan dalam hal pengetahuan maupun keterampilan. Setiap organisasi pemerintah dituntut untuk mempunyai kinerja dan disiplin dengan bekerja lebih cepat, efektif dan efisien. Oleh Karena itu kompetensi pegawai dalam aktivitas perlu dilengkapi kemampuan dalam hal pengetahuan maupun keterampilan maka perlu sumber daya manusia untuk mendapat prioritas utama dalam pengelolaannya agar pemanfaatan sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

     Pegawai Negeri Sipil adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai Aparatur Sipil Negara secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. Kedudukan dan peranan Pegawai Negeri Sipil merupakan unsur Aparatur Negara untuk menyelenggarakan Pemerintahan dan Pembangunan dalam rangka usaha mencapai tujuan Nasional. Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional yakni mewujudkan masyarakat madani yang taat hukum, berperadaban modern, demokratis, makmur, adil dan bermoral tinggi diperlukan Pegawai Negeri yang merupakan unsur aparatur negara yang bertugas sebagai abdi masyarakat yang menyelenggarakan pelayanan secara adil dan merata kepada masyarakat dengan dilandasi kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pegawai negeri yang sempurna adalah Pegawai Negeri yang penuh kesetiaan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan pemerintah serta bersatu padu,bermental baik, berdisiplin tinggi, berwibawa, berdaya guna, berkualitas tinggi dan sadar akan tanggung jawab sebagai unsur pertama aparatur negara. Bila melihat kenyataan akan kondisi aparatur di Indonesia, dapat dikatakan bahwa kualitas Pegawai Negeri Sipil di Indonesia masih rendah.

     Pengertian Reward berasal dari Bahasa Inggris yang artinya penghargaan atau hadiah dan berdasarkan kamus Bahasa Indonesia adalah ganjaran, hadiah, upah dan pahala. Pengertian Reward adalah: “ganjaran, hadiah, atau memberi penghargaan. Hadiah suatu yang menyenangkan yang diberikan setelah seseorang melakukan tingkah laku yang diinginkan”. Pelaksanaan reward sangat penting bagi kinerja, saat pelaksanaan reward dan punishment dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuannya berdasarkan peraturan yang ada. Reward merupakan suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan kepada seseorang atau kelompok karena telah berperilaku baik, melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih atau berhasil melaksanakan tugas yang diberikan sesuai target yang ditetapkan. Reward merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada PNS dan Pegawai Kontrak berdasarkan hasil penilaian kinerja telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian,kecakapan, kejujuran, kedisiplinan dan prestasi kerja dalam melaksanakan tugas. Pemberian Reward bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan disiplin serta memberikan motivasi kepada Pegawai. Sedangkan pemberian punishment bertujuan agar seseorang pegawai sebagai pelaku pelanggaran tidak mengulangi kesalahannya lagi dan menghalangi untuk melakukan tindakan pelanggaran.

     Punishment merupakan tindakan hukuman yang diberikan kepada PNS dan Pegawai kontrak berdasarkan hasil penilaian kinerja tidak patuh pada ketentuan pada ketentuan Peraturan Perundang-undangan dalam melaksanakan tugas.  Dalam hal ini perlunya pemberian reward tersebut merupakan upaya untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja serta disiplin pegawai.   Untuk punishment diperlukan agar pegawai dapat intropeksi diri dalam bertindak dan bersikap sehingga pegawai tidak akan mengulangi lagi pelanggaran yang telah dilakukannya. Kebijakan pemberian reward dan punishment ini secara individu pegawai yang dinilai memiliki prestasi kinerja yang baik, disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh atasan dan apabila tidak memiliki prestasi kinerja yang baik, tidak disiplin dan tidak adanya tanggung jawab maka akan diberikan punishment. Saat reward sudah berjalan dengan baik, untuk dilaksanakan kepada pegawai yang berprestasi, dan berdampak pada peningkatan karier pegawai, dan punishment sudah berjalan dengan baik, dengan melaksanakan hukuman kepada pegawai yang melanggar sesuai besar kecilnya pelanggarannya, maka akan menciptakan jera pada setiap pegawai yang melanggar hukuman disiplin. Maka peningkatan kinerja akan terwujud dikarenakan ada timbal balik antara reward dan punishment dapat berjalan bersama-sama, akan timbul memotivasi pada setiap pegawai untuk memacu mencapai berbagai prestasi dan memperkecil pelanggaran pegawai.

     Di Dalam lingkungan kerja sehari-hari masih ada Pegawai yang melakukan pelanggaran dengan tidak disiplin baik apel maupun kehadiran serta kinerja sehingga atasan langsung wajib untuk melakukan teguran, pengawasan dan pembinaan terhadap bawahannya. Tetapi kenyataannya pemberian punishment berupa sanksi disiplin ini terkendala dikarenakan ada atasan yang tidak melakukan proses disiplin sesuai dengan aturan terhadap bawahannya atau adanya atasan yang tidak paham bahwa kewenangan untuk memberikan punishment tersebut merupakan kewenangan pejabat yang lebih berwenang. Padahal pemberian punishment tersebut sangat diperlukan untuk memberikan suatu efek jera bagi pegawai yang melakukan suatu perilaku negatif atau pelanggaran disiplin dengan tujuan untuk memperbaiki perilaku negatif yang bersangkutan Sehingga adanya rasa keadilan di dalam lingkungan kerja terutama bagi Pegawai yang tidak disiplin dan yang disiplin. Dalam hal memberikan motivasi terhadap pegawai bukan hanya pemberian reward tetapi punishment juga harus diberikan apabila atasan memahami bahwa ada bawahannya yang melakukan pelanggaran kedisiplinan maupun kinerja.

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS