Ticker

6/recent/ticker-posts

Kasi Pandu PPI Dunia “Berbagi Inspirasi Bumi Mamotaro”

 


Kasi Pandu PPI Dunia “Berbagi Inspirasi Bumi Mamotaro”

 

Program Kelas Inspirasi Pendididikan Dunia (KASI PANDU) PPI Dunia kembali berbagi inspirasi melalui IG Live pada hari Minggu, 31 Maret 2024. Kali ini tema yang diangkat adalah Inspirasi Bumi Mamotaro. Narasumber kali ini adalah Kak Fadlyansah Farid adalah penulis Buku Inspirasi Bumi Mamotaro dan juga sebagai Ketua PPI Jepang 2023-2024, serta Kak Mella Sarah Elmaniana adalah penulis Buku Inspirasi Bumi Mamotaro dan juga sebagai Diaspora Indonesia di Jepang.

 

Latar belakang penulisan buku Inspirasi Bumi Mamotaro berdasarkan dari curhatan para penulis ketika berada di Jepang, seperti teknologi yang memudahkan di Jepang, serta pelayanan kesehatan yang sangat maksimal. Yang selalu ditanamkan oleh kak Mella ketika menulis buku adalah “ikatlah ilmu dalam pena dan kertas, karena itu yang bisa dikenang orang ketika kita sudah mati”. Latar belakang dalam penulisan buku ini juga sebagai bentuk pengenalan kepada para almamater penulis. Tantangan yang dihadapi dalam penulisan buku Inspirasi Bumi Mamotaro menurut Kak Fadlyansah dalam membuat para pembaca selalu berpikir positif terhadap Jepang agar tidak takut ketika ingin berkunjung atau melanjutkan Pendidikan di Jepang. Sependapat dengan Kak Fadlyansah, Kak Mella juga ingin memotivasi teman-teman almamater bahwa ada pengaruh-pengaruh positif yang diberikan dari Diaspora Jepang. Tantangan bagi Kak Mella dalam kepenulisan buku yaitu memilih cerita yang paling berkesan bagi beliau agar mudah dipahami oleh pembaca. Rekan-rekan penulis selama proses penulisan buku Inspirasi Bumi Mamotaro ada 30 orang yang berasal dari orang-orang professional yang berada di Jepang dan juga mahasiswa mahasiswi PPI Jepang yang dipelopori oleh Pak Hirmas Fuady Putra (Ketua Kasi Pandu PPI Dunia). Proses penulisan buku dilakukan secara online melalui grup whatsapp.

 

Cerita dibalik karya kepenulisan Kak Mella yaitu buku yang berjudul “Dibalik Pintu” buku ini dibuat oleh teman-teman berprestasi dari IPB yang berisi perjalanan selama berkuliah hingga bisa mengaktualisasi diri menjadi mahasiswa berprestasi dari setiap fakultasnya. Ketika Kak Mella berada ditingkat SMA menuju kuliah, beliau menulis beberapa buku yang diterbitkan oleh Mizan berjudul Kecil-kecil Punya Karya (KKPK), Sagacibu, dan Fantasteen Ghost Dormitory In Den Haag. Menurut beliau, disetiap buku memiliki banyak kenangan karena bisa mengabadikan dalam kepenulisan. Dengan begitu beliau sangat bersemangat dalam membuat buku Inspirasi Bumi Mamotaro. Sedangkan Kak Fadlyansah memiliki pengalaman dalam membuat tiga buku di bidang akademik seperti buku prosedur dalam rangka perkuliahan dan jurnal-jurnal penelitian yang diharuskan oleh fakultas. Dalam proses pembuatan buku-buku tersebut, beliau hanya menulis beberapa chapter yang selanjutnya disatukan dengan chapter lainnya sehingga menjadi suatu buku yang bermanfaat.

 

Buku Inspirasi Bumi Motaro sementara hanya disebarkan dalam pihak-pihak internal, belum dilakukan proses komersil. Namun jika ada teman-teman yang berkeinginan untuk membaca buku ini dalam bentuk digital bisa menghubungi Kak Fadlyansah Farid atau Kak Mella Sarah Elmaniana melalui instagram beliau atau bisa menghubungi Instagram Kasi_Pandu. Kak Fadlyansah Farid dan Kak Mella Sarah Elmaniana  memberikan pesan dan kesan kepada para pelajar di Indonesia untuk tetap konsisten dalam melakukan apapun yang sedang diperjuangkan, jangan hanya terfokus terhadap kekurangan diri namun fokuslah atas kelebihan untuk menutupi kekurangan diri sendiri, jangan lupa ketika berada di negara atau tempat manapun yang akan dikunjungi agar selalu membuat catatan-catatan untuk mengabadikan dokumentasi kegiatan, karena hidup hanya sekali, dan mungkin tidak bisa mengulangi kembali kenangan-kenangan tersebut.

 

Athaya Wimala Elysia Rosery, Panitia Kasi Pandu PPI Dunia yang bertindak sebagai moderator, di akhir kegiatan mengingatkan kepada pelajar Indonesia untuk tetap semangat dan semua ilmu yang didapat menjadi berkah dan bermanfaat. Detail informasinya bisa dilihat di akun Instagram @kasi_pandu atau @ppidunia. .

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS