Ticker

6/recent/ticker-posts

UNP Akan Bangun Universitas Cabang di Mentawai


UNP Akan Bangun Universitas Cabang di Mentawai 

Mentawai - Pemkab Kepulauan Mentawai dan Universitas Negeri Padang (UNP) sepakat akan mewujudkan sebuah universitas di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Momerandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Pj Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak dan Rektor UNP, Prof. Ganefri Ph.D, Rabu (13/3).

Fernando dalam sambutannya di Aula Bappeda Kepulauan Mentawai menyebutkan, untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah yang merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) itu, perlu adanya campur tangan kampus untuk mencerdaskan sekaligus menghemat biaya pendidikan. 

"Tentu hal ini merupakan satu hal menggembirakan bagi kami warga Mentawai, pemerintahan Mentawai, dalam kegiatan MoU ini karna memang kami memandang bahwa pengembangan sumber daya manusia di Mentawai tidak lepas dari keberadaan universitas di dalamnya. Kami menyadari untuk mengakses pendidikan tinggi bagi masyarakat dan juga pegawai-pegawai, kalau harus keluar dari Kepulauan Mentawai untuk kuliah, secara pembiayaan ini cukup memberatkan, banyak orang-orang tua di Mentawai ini 'ngos-ngosan' menguliahkan anak-anaknya di luar Mentawai," ujar Fernando. 

Ke depan, UNP dengan Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) akan berkolaborasi dengan Pemkab Kepulauan Mentawai terkait penyediaan lahan dan bangunan. 

Mengenai hal ini, dikatakan Fernando, pemerintah daerah dan DPRD setempat akan menggelar rapat dalam waktu dekat demi segera terwujudnya kampus dalam tahun ini. 

"Salah satu persyaratan PSDKU ini kita memang harus menghibahkan lahan dan bangunan kepada UNP sehingga persiapan dasar inilah yang nanti kita tindaklanjuti, mudah-mudahan nanti tahun ini juga sudah bisa jalan. Mudah-mudahan dengan MoU hari ini cita-cita kami bisa terwujud, kami atas nama pemerintahan Mentawai berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada UNP," tandas Pj Bupati. 

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Ganefri Ph.D selaku Rektor UNP menegaskan, PSDKU ini bisa terlaksana dalam semester genap tahun ini apabila segala keperluan pengurusan izin dan ketersediaan lahan serta bangunan telah rampung. 

"UNP akan membuka kampus cabang di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini. Mudah-mudahan ini bisa diwujudkan lalu kita bisa bergerak cepat. Kalau action memang bisa segera, semester di Juli Desember ini kita bisa menerima siswa baru," cetusnya. 

Sementara terkait tenaga pengajar, dirinya juga menegaskan, nantinya dosen-dosen kampus ini akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai itu sendiri. 

"Nanti dosen-dosennya semua stay disini. Jadi dia diangkat, kita akan rekrut beberapa dosen baru, bersedia ditempatkan di Mentawai, kita angkat mereka sebagai dosen non PNS," imbuhnya. (Ricky) 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS