Ticker

6/recent/ticker-posts

Kasi Pandu Mengikuti Kegiatan Pengarahan Dan Pembekalan Dengan Tema Lintas Batas Belajar

 


Kasi Pandu Mengikuti Kegiatan Pengarahan Dan Pembekalan Dengan Tema Lintas Batas Belajar



Minggu, 24 Maret 2024, Kasi Pandu mengadakan kegiatan pengarahan dan pembekalan dengan tujuan untuk membekali mentor dengan pendekatan berbasis komunitas dan kisah nyata. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting. Kasi Pandu dijalankan tidak hanya sebagai platform satu arah dengan mentransfer inspirasi hanya dari mentor ke peserta tetapi juga bagi para mentor dan panitia, agar mendapatkan capacity building. Kurikulum merdeka di Indonesia memberikan ruang yang begitu luas kepada peserta didik mulai dari Paud sampai Perguruan Tinggi untuk bisa fleksibel. Mendapatkan sumber pelajar, sumber inspirasi, referensi, baik dari ruang sekolah formal maupun informal ataupun dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler termasuk program Kasi Pandu ini. Program ini adalah langkah positif dari dunia pendidikan di Indonesia yang harus kita support.

Pembicara dalam kegiatan kali ini adalah Gading Aulia. Beliau adalah Direktur Talenta dan pembelajaran di Ruang Belajar Aqil. Beliau memiliki pengalaman mengelola pembelajaran untuk lebih dari dua ratus orang peserta didik. Dalam kegiatan mengelola pembelajaran di Ruang Belajar Aqil beliau menjadi partner Kemdikbud khususnya untuk aktivitas magang mahasiswa dan ada beberapa kolaborator Ruang Belajar Aqil (RBA) sekitar seratus tiga puluh empat mahasiswa yang sudah terpilih dan yang mendaftar sekitar enam ribu peserta. Tujuan ini dibuat untuk membantu pelajar mendapatkan pengalaman bekerja. Tidak hanya itu, sekitar tiga tahun beliau mempunyai pengalaman dibidang industri yaitu di Tokopedia dan di Goto.

Gading Aulia mengajak para mentor untuk melakukan simulasi menjadi peserta didik yang berusia tiga belas sampai lima belas tahun. Simulasi ini guna mengajak para mentor untuk mengetahui sifat partisipatory learning yaitu metode belajar dengan menggali partisipasi dari peserta dan juga memberikan tiga metode mengajar yang efektif, yaitu preparation, during session, dan end session. Beliau juga memberikan tips kepada para mentor apa yang perlu dilakukan sebelum memulai mengajar dan quick hack ketika menghadapi sikap gugup yang datang secara tiba-tiba pada saat proses mengajar.

PPI Dunia melalui Direktorat PPM akan melakukan Kick Off KASI PANDU pada 1 Maret 2024, dan akan ditutup dengan Malam Apresiasi dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024 mendatang. Bagi para pelajar, guru, dan sekolah yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan informasi terkait lebih detail melalui akun instagram @kasipandu atau @ppidunia.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS