Ticker

6/recent/ticker-posts

Syofyan Hadi Motivasi Peserta Bimtek MAN 1 Kota Padang Untuk Membaca dan Menulis

 



MAN 1 Kota Padang, Humas – Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam peningkatan profesinalitas pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Kota Padang mengikuti program motivasi, Senin (19/2) di hotel Rocky Padang.

Menurut panitia pelaksana bimtek ini, Yasni marlis bahwa tujuan dari materi ini adalah peningkatan profesionalitas pendidik dalam mengajar mulai dari persiapan hingga tampil di depan kelas.
Syofyan Hadi selaku pemateri sesi ini dalam motivasinya lebih membahas dan menafsirkan surat Al-Alaq dan Surat Al-Mutdatstsir sebagai ayat yang turun berurutan di awal kerasulannya.
“Guru atau pendidik itu adalah profesi yang mulia karena pendidik adalah yang berilmu. Siapa yang diberi ilmu pengetahuan oleh Allah maka sungguh telah diberikan kebaikan yang banyak,” jelasnya.
Untuk peningkatan profesionalitas, Syofyan Hadi mengajak guru untuk mengamalkan surat Al-Alaq dan Surat Al-Muddatstsir. Guru itu harus iqra, yaitu meningkatkan kompetensinya denganbanyak membaca.
Syofyan menegaskan bahwa kata Iqra tidak mempunyai objek, artinya guru harus membaca yang tak terbatas dan apa saja yang bisa menambah pengetahuannya.
“Guru yang banyak membaca dan banyak pengetahuannya maka dia akan tergantung dengan orang lain dan butuh orang lain untuk berbagi ilmu, itulah makna al alaq,” jelah Syofyan lagi.
Ketika menjelaskan kalimat “allizi allama bilkalami”, Syofyan menjelaskan bahwa ilmu yang sudah didapat melalui menbaca maka harus dituliskan agar melahirkan sebuah karya buku yang bisas dinikmati banyak orang.
“Jangan mati sebelum meninggalkan jejak, maka tinggalkanlah jejak berupa tulisan atau buku. Karena seorang ilmuwan itu kebahagiaannya adalah menghasilkan sebuah karya, yaitu buku,” tegasnya.
Diakhir motivasinya, Syofyan mengajak para peserta bimtek ini untuk selalu membaca dan membaca serta menuliskan hasil bacaannya dalam sebuah buku agar menjadi manusia yang berguna bagi orang lain.
Hadir dalam sesi ini kepala madrasah, kaur TU, wakil kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan (Ai).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS