Ticker

6/recent/ticker-posts

Sosialisasi Pemanfaatan Maggot: Dari Sampah Menjadi Be

 


Oleh : Muhammad Farhan 

KKN Tematik Salimpaung Universitas Andalas 2024 berhasil menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Maggot yang dilaksanakan di Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (19/01/2024).

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup turut mendukung aksi sosialisasi maggot dengan memberikan edukasi terkait pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Datar.

Farras selaku ketua kelompok KKN Tematik Salimpaung 2024 sadar bahwa lingkungan yang bersih tercipta ketika masyrakat sadar dan peduli akan pentingnya lingkungan. “Sebagai mahasiswa jurusan teknik lingkungan, saya tahu betul bahwa permasalahan utama sampah supaya tidak menumpuk dan sulit untuk didaur ulang dengan cara memilah sampah sedari dini yaitu sampah rumah tangga,” Ujar Farras memberikan pendapat.


Sofyan Zahari menegaskan bahwa untuk menanggulangi permasalahan lingkungan hanya dapat dicegah ketika masyarakat ikut terlibat dan berpartisipasi mengelola sampah yang berasal dari sumber utama yaitu limbah rumah tangga.

Acara ini sejalan dengan program Kabupaten Tanah Datar bahwa tiap Nagari memang perlu mempunyai satu bank sampah yang wajib dikelola. Hal ini juga ditegaskan oleh Sofyan Sahari bahwa tantangan untuk mendirikan bank sampah ialah partisipasi masyrakat. “Tantangan permasalahan lingkungan di Kabupaten Tanah Datar ialah minimnya partisipasi masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan pemuda yang giat dalam isu lingkungan sebagai tonggak untuk menciptakan perubahan,” Tegas Sofyan menggantungkan harapan pada anak pemuda.

Setiawan selaku penggiat maggot juga ikut serta mendampingi Sofyan Zahari untuk memberikan pemahaman bahwa sampah dapat dikelola dengan membudidayakan maggot. “Maggot itu sejenis lalat, tetapi jenis lalat yang berbeda. Maggot saat di fase larva hidup dengan memakan sisa sampah jenis organik,“ Jelas Setiawan memberikan solusi baru permasalahan sampah.

Selain untuk menjadi solusi atas banyaknya timbulan sampah, maggot juga dapat menjadi salah satu alternatif sebagai pakan ternak yang kaya akan protein dan dapat dijadikan salah satu ide usaha bisnis untuk para peternak dan petani.

Sebagai Kepala Bidang Lingkungan Hidup, Sofyan Zafari mengaku merasa terbantu dengan adanya program KKN Tematik yang turut membantu permasalahan lingkungan dalam pengelolaan sampah di ruang lingkup kabupaten.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS