Ticker

6/recent/ticker-posts

SENSASI HANGAT DARI SI PEDAS MANIS: CARA MEMBUAT SERBUK JAHE INSTAN ANTI GAGAL

 


Oleh: Nabilah Salwa mahasiswa universitas Andalas Padang 


Jahe merupakan tanaman rimpang yang sudah dikenal lama khasiatnya dalam dunia kuliner maupun dunia medis. Tanaman jahe merupakan tanaman yang hanya mampu bertahan hidup pada daerah tropis, sehingga tanaman ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Penanaman dan pemeliharaannya yang sama sekali tidak susah menjadikan tanaman  jahe sangat mudah dibudidaya bahkan hanya dipekarangan rumah warga.


Untuk mendapatkan olahan jahe yang berkualitas, jahe dipanen pada umur yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Selain itu, jahe yang telah dipanen sebaiknya segera diolah agar mendapatkan produk olahan dengan kualitas terbaik. Dipasaran dapat kita temukan banyak produk olahan jahe, diantaranya jahe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe, hingga oleoresin jahe. Bahkan sekarang tak jarang perusahaan jamu di Indonesia mengeluarkan produk olahan jahe dalam bentuk serbuk jahe instan. sebagai contoh seperti perusahan sidomuncul yang mengeluarkan produk susu jahe minuman instan.


Minuman serbuk jahe pada umumnya memberikan khasiat menghangatkan badan, meredakan perut kembung, dan meningkatkan stamina. Sensasi hangat yang dirasa setelah mengkonsumsi minuman serbuk jahe ini karena rasa jahe yang dominan pedas karena kadungannya yang mengandung senyawa keton bernama zingiberon. Serbuk jahe instan yang dijual di apotek maupun toko obat tradisional sebenarnya dapat dengan mudah dibuat hanya dengan alat bahan yang dapat anda temukan di dapur rumah anda. Untuk menghasilkan serbuk jahe yang bagus, diperlukan perbandingan serta Teknik yang tepat dalam proses pembuatannya. Berikut alat dan bahan serta cara pengolahan jahe untuk membuat serbuk jahe instan:


Bahan:

1 kg Jahe 

500 gram Gula pasir 

200-400 ml air minum


Alat:

Blender

Pisau

Baskom ukuran sedang

Kompor

Kuali

Spatula

Kain tipis untuk menyaring

Saringan 


Cara pengolahan:

1. Cuci bersih rimpang jahe hingga bersih.

2. Potong kecil rimpang jahe.

3. Masukkan potongan rimpang jahe ke dalam blender dengan tambahan air.

4. Blender hingga halus.

5. Saring menggunakan kain tipis dan ambil air sarinya.

6. Diamkan air sari jahe di dalam baskom selama 2 jam. Tahap ini bertujuan untuk memisahkan pati jahe yang apabila tetap ada dalam air sari akan mempersulit adonan sari jahe menjadi kristal nantinya.

7. Tuang air saringan jahe ke dalam kuali (opsional: tambahkan 1 batang kayu manis, 5 buah cengkeh dan 7 batang sereh), masak hingga mendidih. Keluarkan bahan tambahan tadi dan tambahkan gula ke dalam kuali. Masak dengan api sedang dengan terus diaduk hingga menghasilkan adonan yang kental.

8. Setelah didapatkan adonan yang kental, segera kecilkan api untuk menghindari adonan gosong.

9. Terus aduk dengan cepat hingga adonan mengering dan berbentuk serbuk kering.

10. Untuk mendapatkan bubuk yang halus gunakan saringan untuk memisahkan serbuk yang halus dengan serbuk yang masih bergerindil. 

11. Kemas serbuk kedalam kemasan kecil sebanyak 2 sendok makan (20 gram) untuk sekali minum.

12. Serbuk jahe instan siap untuk dikonsumsi.


Dengan mengikuti cara pembuatan diatas didapatkan serbuk jahe sebanyak 1 Kg. Perkemasan dari resep diseduh dengan 200 ml air hangat dan dapat dikonsumsi langsung. Selain itu resep simple ini dapat dijadikan ide bisnis mudah yang sangat menguntungkan. Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS