Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik Unand Melaksanakan Sosialisasi “MUJARAH” (Jamu Jahe Merah) Serta Peluang Bisnis Di Nagari Sikucua Barat

 


                                                                                                                                                                                             Penulis: Riska Maharani

Mahasiswa KKN-Tematik Universitas Andalas


MUJARAH : Sosialisasi jamu jahe merah dan peluang bisnis jamu jahe merah diselenggarakan mahasiswa kkn Tematik UNAND 2024 di Nagari Sikucur Barat, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sabtu (27/01/2024)

Minuman herbal tradisional cukup digandrungi hingga saat ini termasuk jamu, siapa yang tidak tahu jamu? Nah salah satu nya jamu jahe merah . Jamu jahe merah ini ternyata menyimpan banyak manfaat . Mahasiswa, KKN Tematik Universitas Andalas 2024 menginisiasi kegiatan Sosialisasi Jamu jahe merah dan peluang pisnis nya . Jamu Jahe Merah merupakan kegiatan yang bertujuan mengedukasi mengenai Jahe merah yakni memberikan penjelasan tentang tata cara, kandungan, pembuatan dan manfaat, serta pengembangan umkm dari Jamu jahe merah (MUJARAH). 

Jamu jahe merah adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) dan bahan-bahan alami lainnya. Jahe merah memiliki rasa yang lebih manis dan sedikit pedas dibandingkan dengan jahe biasa. Jahe merah diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh. 

Khasiat Jamu Jahe Merah

• enggorokan

• Mencegah rasa mual

• Anti-kanker

• Memperlancar tekanan darah

• Penghangat tubuh

• Mengurangi gejala influenza


Selain memiliki manfaat bagi tubuh Jamu jahe merah juga memiliki peluang bisnis karena Jamu jahe merah ini memiliki peluang di bidang usaha, karena

1. Bahan baku yang mudah didapat

2. Pengolahan yang cukup mudah tanpa pengawet dan berkhasiat

3. Dapat di konsumsi semua kalangan mulai dari anak anak, remaja hingga dewasa

4. Produk tahan lama dan Praktis


Mahasiswa KKN tematik Unand 2024 nagari sikucur barat juga menjelaskan strategi dari penjualan MUJARAH ini . Strategi yang bisa di lakukan yaitu :

• Secara Offline

Melalui penjualan secara langsung dari mulai penawaran dor to dor sekaligus penyebaran brosur penitipan produk di apoteek ataupun warung sekitar, workshop dan berjualan di bazar bazar.

• Secara Online

pemasaran online dapat dilakukan melakukan promosi melalui media digital dan social media, seperti menyebarkan iklan promosi ai postingan dan story media sosial. dan bisa menerapkan sistem delivery order.

Jamu Jahe Merah dan manfaatnya serta Bisnis Plan atau pengembangan umkm dari Jamu jahe merah selain itu mahasiswa juga mendemonstrasi kan pembuatan Jamu jahe merah, kegiatan ini di harap kan akan bermanfaat bagi masyarakat sikucur barat, masyarakat sangat antusias dan cukup ramai yg menghadiri Program yg di selenggarakan mahasiswa kkn tematik Universitas Andalas , bahkan masyarakat ikut serta dalam demonstrasi pembuatan Jamu Jahe Merah tersebut.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS