Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Tematik UNAND Berikan Pelatihan Microsoft Word di SDN 04 V Koto Kampung Dalam

 


Oleh : Nadimatuz Zahra Mahasiswa KKN Tematik Campago Selatan Universitas Andalas



Penggunaan komputer sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari di era modern, termasuk bermain game, mengerjakan pekerjaan kantor, pendidikan  dan bahkan bidang seni telah masuk ke dunia modern. digital dengan kemajuan komputer seperti saat ini. Komputer sangat membantu pekerjaan manusia saat ini, terutama karena adanya jaringan komputer, yang memungkinkan orang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia melalui internet.

Dlam bidang pendidikan, teknologi membantu dalam menunjang menyampaikan materi dan penambahan bahan ajar atau media ajar. Salah satu teknologi yang memiliki banyak manfaat dan mudah di pahami ialah penggunaan perangkat lunak Microsoft word. Dimanan pada era ini banyak sekolah-sekolah yang telah menerapkan dan memperkenalkan perangat lunak ini. 

Microsoft word merupakan software yang banyak digunakan sebagai aplikasi untuk menulis surat digital ataupun dokumen-dokumen lainnya. Meskipun Microsoft word cukup populer digunakan tetapi tidak menutup kemungkinan masih banyaknya siswa yang belum mengetahui cara penggunaan aplikasi tersebut. Terutama di sekolah-sekolah yang masih dalam masa pengembangan.

Pada saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang belum bmemberikan akses terkait pembelajaran komputer dan Microsoft word dikarenakan beberapa alasan seperti keterbatasan dana, perangkat dan tenaga ajar.

Pada kesempatan kali ini KKN Tematik Unand 2024 lakukan kepada siswa SDN 04 V Koto Kampung dalam. Dimana pada kegiatan ini dilakukan pelatihan mulai dari pengoperasian Laptop, pembukaan aplikasi, penutupan aplikasi dan fitir-fitur penting didalamnya. Program bertujuan memberikan pemahaman awal kepada siswa SD tentang Microsoft Word, memperkaya literasi digital, dan mendorong kreativitas serta kolaborasi dalam tugas dan proyek. Dimana pada kegiatan ini ditargetkan kepada siswa kelas 4 SD karna menimbang untuk tahun berikutnya siswa kelas 4 akan mengikuti kegiatan ujian berbasis komputer 

Kegiatan dilakukan dengan bentuk pelakasanaan kegiatan :

Sesi Pembelajaran Interaktif

Dimana pada sesi ini dilakukan penyampaian materi melalui pendekatan interaktif dengan menggunakan media visual, cerita singkat, dan gambaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SD.

Proyek Kreatif

Memberikan proyek kreatif kepada siswa, seperti membuat cerita pendek atau memanfaatkan berbagai fitur di dalam Microsoft Word.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah skil dan pengentahuan adik-adik

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS