Ticker

6/recent/ticker-posts

Kompetensi penyuluh pertanian demi ke majuan Indonesia

 


 Oleh : Prima Tasya Ayunda mahasiswa universitas Andalas Padang. 

 Penyuluhan pertanian merupakan suatu proses penyebaran pengetahuan dan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pengelolaan pertanian yang efektif dan efisien. Perluasan pertanian juga dapat menjadi faktor transformatif dalam proses perubahan sosial dan meningkatkan kesejahteraan petani.

 

penyuluh pertanian harus menguasai materi tentang aspek ekonomi usaha, penyuluh pertanian akan membuat petani mampu mengelola usahanya dengan menerapkan kaidah-kaidah bisnis, sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya dengan produktivitas dan efisiensi usaha yang tinggi dan kualitas produksi yang sesuai dengan permintaan pasar. Untuk itu, penyuluh pertanian harus menguasai teknik menganalisa kelayakan ekonomi usaha petani dan harus dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan petani atau setidaknya mengikhtiarkan akses petani kesumber informasi pasar dan sumberdaya lainnya.

 

Penyuluhan Pertanian sering kali dianggap remeh oleh orang-orang. Padahal banyak peran penting penyuluh pertanian dalam pertanian Indonesia. Penyuluh sering kali dianggap bahwasanya tidak tersedianya pupuk menjadi tanggung jawab penyuluh. Dapat disimpulkan salah pahamnya terkait profeai penyuluh pertanian.


Banyak orang yang belum mengetahui bahwasanya tugas dari seorang penyuluh adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia di sektor pertanian dari aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan.


Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia petani dan keluarganya adalah penyuluhan pertanian. Peningkatan kapasitas petani tidak hanya mencakup pengetahuan teknik pertanian atau teknik produksi saja, namun juga kemampuan petani dalam menghadapi aspek finansial usaha dan kemampuan mengembangkan organisasi usahanya. Para petani mulai memahami pentingnya mengetahui kelayakan finansial usaha mereka dan peran organisasi keuangan dalam meningkatkan posisi negosiasi mereka. Bukan karena selama ini penyuluhan pertanian salah atau salah dilakukan, melainkan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan para pengawas dalam melaksanakan pengembangan pertanian selanjutnya di masa yang akan datang.

 

penyuluh pertanian harus mampu mendorong atau mengembangkan semua pelaku agribisnis untuk membangun jaringan kerjasama usaha dengan dasar kemitraan sejajar, saling ketergantungan, terbuka dan saling menguntungkan. Penyuluh juga harus dapat memampukan petani untuk menumbuhkembangkan lembaga ekonominya sebagai bagian dari kegiatan bisnisnya. Dengan membangun lembaga ekonomi yang tangguh, petani akan dapat meningkatkan posisi tawarnya dalam menghadapi atau ketika bernegosiasi dengan pelaku agribisnis lainnya

 

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi, membuka peluang bagi penyuluh, peneliti bahkan petani untuk memperoleh informasi yang diperlukan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui Internet, petani dapat memperoleh teknologi pertanian atau teknologi produksi, pengolahan produk, informasi pemasaran dan informasi tentang mitra usahanya. Oleh karena itu, pemerintah harus mampu memberikan layanan komunikasi hingga ke wilayah penyuluhan pertanian tanah air, mulai dari pusat provinsi hingga kabupaten/kota, kelurahan, dan desa.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS