Ticker

6/recent/ticker-posts

Apresiasi Program PTM, Marliza Skrining Kesehatan Sangat Baik Pada waktu Usia Produktif

 


MAN 1 Kota Padang, Humas – Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN  Kota Padang jalani pemeriksaaan kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) hipertensi dan diabetes terhadap usia produktif yang dilakukan oleh puskesmas Ambacang, Sabtu (24/2) di ruang guru MAN 1 Kota Padang.

Kepala MAN  1 Kota Padang, Marliza menyambut baik program puskesmas Ambacang ini. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini akan diketahui tingkat kesehatan pendidikan dan tenaga kepedidikan MAN 1 Kota Padang.

“Kita sangat berterima kasih dengan program puskesmas Ambacang ini, karena dengan pemeriksaan ini akan diketahui tingkat kesehatan GTK kita. Pendidik itu harus sehat karena mereka akan mendidik dan mengajar siswa kita,” jelasnya.

Marliza menambahkan bahwa skrining kesehatan ini adalah di antara bentuk kerja sama antara MAN 1 Kota Padang dengan puskesmas Ambacang.

Petugas kesehatan puskesmas Ambacang Nurmayanti  dan Fitra Suryanti mengatakan bahwa skrining kesehatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan terhadap usia produktif di sekolah dan perkantoran yang hari ini khusus di adakan di MAN 1 Kota Padang.

“Skrining kesehatan usia produktif ini kita lakukan sekali setahun. Kita memberikan pelayanan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, lingkar perut, dan pemeriksaan gula darah,” jelasnya Nurmayanti.

Yanti (panggilan akrabnya) menjelaskan bahwa apabila dalam hasil pemeriksaan didapati pasien dengan hasil pemeriksaan yang tidak normal maka akan dilakukan langkah berikutnya yang berupa edukasi dan pemeriksaan lanjutan di paskes terdekat.

“Apabila didapatai pasien dengan tekanan darah tinggi, atau gula darahnya tinggi, maka di sini kita berikan edukasi supaya agar pasien yang menderita penyakit hipertensi dan gula darah tinggi tersebut agar melakukan periksakan teratur atau kontrol skrining ke fasilitas kesehatan yang mudah mereka dapati,” urainya.

Selanjutnya Yanti sebagai petugas Puskesmas berharap agar para guru rutin memeriksakan kadar kesehatan dirinya secara rutin apalagi pada usia 40 tahun keatas. Dan juga berharap agar menyadari betapa pentingnya skrining ini setiap bulannya.

“Kami berharap kepada pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Kota Padang untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti  olah raga yang teratur dan memakan makanan dengan gizi seimbang, sehingga terbebas  dari resiko hipertensi dan diabetes,” harapnya.

Dan kami juga berharap agar MAN 1 Kota Padang selalu memberi fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan ini. (Ai)

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS