Ticker

6/recent/ticker-posts

SOSIALISASI PHBS DAN "SIGIBER" OLEH MAHASISWA KKN TEMATIK UNAND NAGARI CAMPAGO 2024 DI SDN 19 V KOTO KAMPUNG DALAM, PADANG PARIAMAN

oleh : Chila mahasiswa universitas Andalas Padang 


 Padang, 25 Januari 2024, mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Andalas melaksanakan program kerja dalam bentuk sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sikat gigi bersama yang diikuti oleh seluruh siswa SDN 19 V KOTO KAMPUNG DALAM dengan antusias yang tinggi. 

Nagari Campago memiliki jumlah sekolah dasar yang banyak, salah satunya SDN 19. SDN 19 ini juga salah satu sekolah dasar yang memiliki jumlah siswa yang banyak karena lokasi sekolah yang strategis. Mahasiswa KKN dari Universitas Andalas memilih sekolah ini sebagai target sosialisasi karena siswa-siswi disana berasal dari korong/jorong yang berbeda-beda sehingga informasi yang diberikan tidak berfokus pada satu korong/jorong saja. 

Kegiatan sosialisasi ini disambut hangat oleh guru maupun siwa-siswi disana, hal ini dibuktikan dengan ketika mahasiswa KKN Universitas Andalas baru saja datang, mereka langsung dikerubungi oleh siswa-siswi disana dan sempat menghabiskan waktu untuk bermain sebelum acara sosialisasi dimulai. Sambutan hangat juga dirasakan mahasiswa KKN dari guru-guru yang ada di SDN 19. Salah satu guru menyatakan “Kami menyambut dengan sangat terbuka ajika ada pihak luar yang ingin bekerja sama/ mengadakan acara di sekolah kami, apalagi dengan kurikulum baru merdeka belajar ini, pembelajaran untuk siswa-siswa hendaknya juga didapatkan diluar dari proses belajar mengajar oleh guru-guru, jadi kami ucapkan terima kasih kepada mehasiswa KKN Universitas Andalas yang sudah mau mengunjungi sekolah kami”.

Salah bentuk inovasi yang dibawa oleh mahasiswa KKN adalah mengajarkan cara cuci tangan yang baik dan benar melalui metode 6 langkah. Kegiatan ini dikemas dengan bentuk semenarik mungkin melalui nyanyian yang dibuat agar lebih mudah dipahami siswa-siswi sekolah dasar. Begitu juga dengan kegiatan sikat gigi bersama. Sebagai bentuk motivasi dan apresiasi, mahasiswa KKN memberikan hadiah bagi siswa-siswa yang berani memperagakan ke depan bagaimana cara mencuci tangan dan sikat gigi yang benar. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS