Ticker

6/recent/ticker-posts

PPI Dunia Luncurkan KASI PANDU untuk Memperkaya Pendidikan Indonesia

 


PPI Dunia Luncurkan KASI PANDU untuk Memperkaya Pendidikan Indonesia

Sabtu, 27 Januari 2024, melalui acara Instagram Live bertajuk "Inspirasi Pendidikan Dunia untuk Indonesia", Direktorat Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (PPM), PPI Dunia secara resmi merilis program terbarunya di bidang pendidikan, yaitu KASI PANDU: Kelas Inspirasi Pendidikan Dunia. Sejak kemarin malam sampai 10 Februari 2024, KASI PANDU mengajak seluruh pelajar dan diaspora Indonesia, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri, untuk berkolaborasi bertukar wawasan, pengetahuan, dan pengalaman belajar di berbagai universitas di seluruh dunia. Program ini juga ditujukan untuk berbagi inspirasi dari para pelajar Indonesia di luar negeri kepada para pelajar SD, SMP, SMA atau sederajat di Tanah Air.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra, Australia, Prof. Dr. Mukhamad Najib, menyambut baik inisiatif PPI Dunia ini karena sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam memperluas sumber informasi bagi peserta didik melalui Merdeka Belajar. Prof Najib mendorong para pelajar Indonesia di luar negeri bisa berbagi inspirasi kepada para pelajar di Tanah Air, sehingga bisa menumbuhkan visi dan cita-cita generasi muda Indonesia yang lebih cerah ke depan. Hal senada juga disampaikan Prima Gandhi, Wakil Ketua PPI Jepang yang mengajak teman-teman sesama pelajar Indonesia di luar negeri untuk tidak sungkan berbagi pengalaman dan inspirasi, karena tentunya akan berdampak positif bagi banyak pihak termasuk para pelajar sendiri.

Program KASI PANDU akan memfasilitasi para pelajar di luar negeri untuk menjadi Mentor Menggerak, yang akan bertindak sebagai pengajar utama dalam suatu kelas inspirasi yang diikuti para pelajar di Tanah Air, jelas Hirmas Fuady Putra selaku Ketua Program KASI PANDU, PPI Dunia. Selain itu, Hirmas juga menambahkan program ini juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa Indonesia di Tanah Air, khususnya mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk menjadi Mentor Pendamping, yang akan berkolaborasi dengan Mentor Penggerak dalam mengasuh suatu kelas inspirasi. Tak ketinggalan, para influencer, praktisi ahli, dan selebritis pemerhati pendidikan juga akan dilibatkan sebagai Mentor Tamu, untuk membagikan motivasi dan wawasan kepada para peserta program KASI PANDU.

PPI Dunia melalui Direktorat PPM akan melakukan Kick Off KASI PANDU pada 1 Maret 2024, dan akan ditutup dengan Malam Apresiasi dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024 mendatang. Bagi para pelajar, guru, dan sekolah yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan informasi terkait lebih detail melalui akun instagram @kasipandu atau @ppidunia.

(HFP/NWW).


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS