Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemilih muda, penentu masa depan bangsa

 




Oleh : Saidul Aziz Mahendra mahasiswa Universitas Andalas


Pemilih muda, penentu masa depan bangsa

Pemilu 2024 adalah momentum bagi pemilih muda Indonesia untuk berperan menentukan masa depan bangsa. Jumlah pemilih muda saat ini mencapai sepertiga dari total seluruh pemilih. Angka yang sangat besar dan berpengaruh.

Pemilu presiden 2024 merupakan cikal bakal perubahan masa depan Indonesia. Para pemilih muda menjadi penentu jalannya sistem demokrasi ini. Tentu mereka ingin memastikan pilihannya terhadap presiden yang tepat untuk Indonesia yang lebih maju di masa depan.

Kaum muda adalah generasi penerus yang akan menikmati hasil dari pemilu kali ini dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mereka harus bijak dalam memilih dan berpartisipasi dengan penuh kesadaran. Bukan sekedar terbawa euforia atau iming-iming.

Kesadaran politik pemilih muda kini semakin matang. Mereka punya banyak akses informasi, pendapat dan pandangan yang terbentuk secara komprehensif. Inilah modal besar pemilih muda untuk turut menentukan figur pemimpin yang akan membawa perubahan.

Beberapa hal perlu dipertimbangkan bagi pemilih muda dalam menilai capres mulai dari visi dan misi yang realistis. Apakah janji-janji politiknya populis atau terukur? Apa yang telah dilakukan selama ini, sejauh mana komitmennya terhadap perbaikan bangsa?

Tidak lengkap tanpa melihat rekam jejak. Konsistensi antara ucapan dan tindakan menunjukkan karakter. Pemilih muda harus cermat memilah janji manis nan muluk yang seringkali dikritik ala-ala politik transaksional.

Pemilihan presiden bukan hal main-main. Pilihan salah bisa berimplikasi buruk karena akan mempengaruhi nasib para pemilih muda itu sendiri. Kualitas kepemimpinan dipilih harus sesuai harapan agar bisa membawa Indonesia maju secara bermartabat. Jadi, pilihlah calon presiden secara bijak dan bertanggung jawab!

Lewat pemilu 2024 ini, para pemilih muda harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya hak pilih demi masa depan bangsa yang jauh lebih cerah. Kini bola ada di kaki pemilih muda. Tunjukkan bahwa masa depan Indonesia ada di tangan kalian!

Oleh : Saidul Aziz Mahendra

Mahasiswa Universitas Andalas


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS