Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa FKM Unand Melakukan Pengabdian Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis





Salah satu agenda utama SDGs adalah menurunkan angka kematian ibu dan kematian Bayi. Pemeriksaan antenatal yang berkualitas dan teratur selama kehamilan akan menentukan status kesehatan ibu hamil dan bayi yang dilahirkan. World Health Organization (WHO) memperkirakan terjadi kematian ibu disebabkan oleh kehamilan dan persalinan setiap harinya sekitar 830 kematian dan 99% terjadi pada negara berkembang. Angka Kematian Ibu (AKI) didunia berkisar diangka 303 per 100.000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Bayi(AKB) didunia sebesar 41 per 100.000 kelahiran hidup (WHO, 2019). Hasil Long Form SP2020 menunjukkan Angka Kematian Ibu di Indonesia sebesar 189 yang artinya terdapat 189 kematian perempuan pada saat hamil, saat melahirkan atau masa nifas per 100.000 kelahiran hidup. Jika dibandingkan dengan Data Angka Kematian Ibu (AKI) Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 sebanyak 11 kasus dari 5.350 kelahiran hidup ( 205,6/100.000 KH), artinya terdapat 205-206 ibu meninggal dalam 100.000 jumlah kelahiran hidup, maka angka kematian ibu di Kabupaten Lima Puluh Kota Jauh lebih tinggi. Demikian juga bayi yang masih harus kita selamatkan dari kematian, dengan Angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 adalah 12,0/1.000 Kelahiran Hidup ( 64 jiwa ) Namun secara nasional AKB Kabupaten Lima Puluh Kota masih dibawah target nasional yaitu 24 per 1000 KLH dan hasil Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 menunjukkan Angka Kematian Bayi (AKB) 24 per 1.000 kelahiran.

Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (FKM UNAND) turut melaksanakan program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Kelompok 8 MBKM Peminatan Epidemiologi dan Biostatistik  FKM UNAND, yang terdiri dari Aulia Putri, Anggia Wiliandari, Athifa rahmadini, dan Aurelia Mayori dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Bapak Yudi Pradipta, SKM, MPH., melakukan program pengabdian dalam upaya meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pentingnya pelayanan antenatal care selama masa kehamilan untuk mencegah kekurangan energi kronis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis. Kegiatan ini adalah salah satu wujud nyata dari komitmen FKM UNAND dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekaligus memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa di lapangan.

 

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi antenatal care serta kekurangan gizi kronis kepada ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai antenatal care secara door to door menggunakan media leaflet. Edukasi yang disampaikan mencakup beberapa aspek, antara lain penjelasan singkat mengenai pengertian antenatal care, Kekurangan Gizi Kronis (KEK), ciri-ciri KEK, penyebab terjadinya KEK, dampak dari KEK, serta pencegahan KEK.

 

Kegiatan selanjutnya melakukan skrinning 10T, dilakukan menggunakan media blangko skrinning, kegiatan ini dilakukan kepada seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskemas Padang Kandis dengan bantuan Ibu Hamidah Zufni dan rekannya selaku penanggung jawab ibu hamil berserta kader, kegiatan ini berguna mendektesi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Setelah melaksanakan skrinning, kelompok 8 mengakhiri kegiatan dengan melakukan kegiatan pemberian makanan bergizi ibu hamil yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah dan sangat antusias oleh para ibu hamil.

 

Harapannya, melalui program ini, ibu hamil di wilayah kerja Puskemas Padang Kandis akan lebih peduli terhadap diri dan kehamilannya dengan mengikuti antenatal care, serta peduli  dengan kebutuhan gizi mereka dengan menerapkan pola makan yang sehat. “kami juga memberikan perhatian khusus pada ibu hamil agar dapat terhindar dari kekurangan energi kronis,” ujar tim pelaksana kegiatan. Ibu hamidah zufni bersama rekan-rekannya juga berharap agar ibu hamil lebih rajin dan antusias mengikuti kelas ibu hamil selanjutnya.

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS