Ticker

6/recent/ticker-posts

Honzuki No Gekokujou : Kelainan tubuh myne sebagai salah satu Main Character Isekai dalam novel

 


Oleh   : Andika.        Novkafitra                                                                   Matkul : Gendai Bungaku

Nim      : 2210742037                                                                     Hari/tgl: Rabu 6 des

 


 

            Baru baru ini, wit studio mengumumkan bahwa anime dari Honzuki No Gekokujou akan dilanjutkan ke season 4, untuk tanggal penayangan nya masih belum diumumkan. Hal ini tentunya menjadi berita gembira untuk penggemar dari series ini baik itu yang hanya menonton anime maupun pembaca novelnya

 

 

            Honzuki No Gekokujou adalah serial Light Novel yang di buat oleh Miya Kazuki, buku pertamanya dimulai dari tahun 2013 dan masih berlanjut hingga saat ini, kemudian diangkat menjadi anime pada tahun 2019 digarap oleh ajia-do studio

 

            Bagi pembaca novel pasti sudah tahu apa-apa saja yang akan terjadi di Season 4 nya, tapi kali ini saya akan membahas tentang kelainan pada tubuh myne sebagai main character isekai

 

            Kebanyakan genre isekai memiliki konsep yang berbeda beda tentang bagaimana sang main character berpindah dunia, ada yang meninggal lalu di reinkarnasi, ada yang berpindah karena kecelakaan ruang waktu, ada yang berpindah karena dewa yang bersangkutan , dll. Pada kasus dimana main character meninggal, kebanyakan penyebab meninggal dikarenakan kecelakaan, bahkan istilah truck-kun sudah menjadi umum jika berhubungan dengan isekai.

 

            Selain bagaimana cara main character berpindah, ada juga variasi bagaimana tubuh karakter di dunia lain tersebut, contohnya ; bertubuh bukan manusia,  seperti hewan atau lainnya. bertubuh manusia, seperti umumnya, lengkap dengan organ dan lainnya. Tubuh karakter utama pada dunia lain biasanya selalu memiliki kelainan dari dunia sebelumnya, seperti memiliki energi sihir berlebih, memiliki skill unique, memiliki kemampuan berbeda dari orang kebanyakan. Tidak jarang juga perubahan tubuh karakter juga terjadi di pertengahan cerita, seperti menumbuhkan sayap, tubuh terluka menjadi lain, dan tubuhnya dimodifikasi.

 

            Pada light novel Honzuki No Gekokujou, diceritakan bahwa urano motosu, seorang pustakawan ,meninggal dunia karena tertimpa buku ketika gempa di tengah pekerjaannya, dia terbangun di tubuh myne yang berusia 5 tahun, di dunia dilatar abad pertengahan dimana buku adalah hal yang langka. Buku ini menceritakan bagaimana urano motosu atau myne yang baru mencapai impian nnya untuk menjadi pustakawan lagi.

 

            Karena tubuh yang dipakai urano adalah tubuh seorang anak berusia 5 tahun, perubahan emosi yang labil adalah hal biasa, tetapi berbeda dengan tubuh myne yang memang mengalami penyakit, perubahan emosi besar mempegaruhi bagaimana myne beraktifitas

 

            Alasan kenapa penulis mengemukakan judul ini karena penulis ingin menyampaikan poin poin dalam isi novel yang berkaitan tentang kelainan tubuh seseorang di dunia lain. Karena kebanyakan novel dengan tema isekai selalu memakai pola yang sama pada kelainan tubuh  orang dunia lain.

 

1. Tubuh myne

Tubuh myne adalah tubuh seorang anak berusia 5 tahun, yang memiliki penyakit dari lahir, yang diketahui di novelnya memiliki nama penyakit " Pelahap". Pelahap adalah penyakit dimana tubuh memiliki kelebihan mana/energi sihir, yang mempengaruhi ketahanan tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan tubuh. Penyakit ini termasuk penyakit yang tidak langka dan sering di temui di dunia tersebut, tetapi termasuk kedalam penyakit mematikan yang peluang kematiannya tinggi. Karena penyakit ini bawaan dari lahir, kemungkinan penderita hanya bertahan sampai 10 tahun, tanpa penanganan yang tepat.

 

Adapun penangangan untuk penyakit adalah menyerap mana/energi sihir tersebut yang mana, memerlukan alat bangsawan dan perlu dana yang besar. Myne yang asli telah menahan penyakit ini selama 5 tahun , sakit-sakitan dan berusaha melawan, tapi tidak dapat diselamatkan. Diketahui dari Novelnya Myne yang asli kemungkinan telah meninggal dunia karena penyakit ini dan tubuhnya sebelum menjadi mayat di rasuki oleh jiwa urano motosu, berdasarkan penceritaan urano dia mendengar suara myne yang asli di detik detik terakhirnya. Sayangnya meskipun telah meninggal dunia, tubuh myne masih memiliki penyakit tersebut dan urano motosu lah yang melanjutkan penderitaan tersebut.

 

Tubuh myne memang memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan kebanyakan karakter utama isekai lainnya, tetapi yang tidak disadari oleh myne adalah cara memanfaatkannya. Pada dasarnya karena jiwa di tubuh myne adalah jiwa motosu urang yang sudah berusia dewasa, maka jiwa urano lebih besar dan menyebabkan energi sihirnya berkali kali lipat dari tubuh myne yang awalnya. Di novelnya secara perlahan diperlihatkan bagaimana myne mulai memanfaatkan kelebihannya tersebut, dengan adanya alat untuk menyalurkan sihirnya, myne menjadi salah satu tokoh dengan kekuatan sihir terkuat di dunianya, bahkan dapat mengontrol senjata dewa.

 

2. Kondisi emosi dan jiwa urano motosu

Urano motosu tidak menyangka apa yang terjadi pada dirinya ini. Tentu dia panik dan bingung atas apa yang menimpanya, karena ingatan terakhirnya adalah meninggal dunia tertimpa buku. Sekarang dia berada pada tubuh anak kecil yang kondisi tubuhnya sendiri tidak baik. Untungnya pengetahuan yang luas sebagai pustakawan, membantu untuk meredakan kondisi mana/ energi yang berlebih tersebut dengan metode kompresi meditasi, mengurangi dampak dari penyakit "Pelahap" Yang diderita nya. Meskipun sudah mereda, penyakitnya tidak hilang sepenuhnya dan kambuh jika dia tidak menenangkan hatinya, dalam paparan novelnya, penyakitnya kambuh tiap kali myne hilang kendali atas emosi nya atau dengan kata lain saat emosinya berlebihan. Dalam novel dijelaskan beberapa peristiwa saat dia hilang kendali, yaitu ; saat ibunya membakar kayu untuk dia tulis, saat temannya menghancurkan tanah liat yang dia tulis, bersemangat mendapatkan daging, dan lain lain.

 

Dampak yang dijelaskan yaitu, tubuh myne memanas, matanya berubah warna ke pelangi, dan ada aura di sekelilingnya. Setelah emosi nya mereda, tubuhnya akan melemah dan sulit digerakkan selama beberapa hari. Emosi urano motosu yang sudah berada di dunia lain mudah berubah karena banyaknya hal yang berbeda dari dunianya dan perubahan emosi tersebut berdampak besar, bahkan jika itu hanya sedikit saja.

 

 

Dampak yang dihadapi oleh tubuh myne disebabkan karena myne berusaha memakai kekuatan sihirnya tanpa adanya alat untuk katalis, setelah mengetahui cara memakai energi sihirnya dengan tepat, efek samping sedikit berkurang, yaitu myne tidak lagi harus berbaring atau pingsan setelah menggunakan energi sihirnya

 

3. Dunia tanpa buku

            Dunia yang myne sekarang hidup adalah dunia dengan latar abad pertengahan yang mana buku atau pun kertas adalah hal yang langka dan sulit didapatkan. Tidak ingin menyerah mencapai kembali impiannya menjadi pustakawan, myne berusaha mengingat kembali semua pengetahuan untuk menciptakan buku dimulai dari kertas

 

4. Penyelesaian tentang penyakit di tubuh myne

            Penyakit "pelahap" dapat di sembuhkan dengan menyerap mananya, tapi sayangnya karena telah berlangsung selama 5 tahun, penyakit tersebut menjadi lebih parah dari umumnya. Tingkat kematiannya memang berkurang setelah mananya diserap, tapi pertumbuhan dan perkembangan tubuh myne akan tetap terhambat, karena efek dari pelahap yang telah menyebar ke seluruh tubuh menyebabkan sel selnya lambat merespon dan energi sihirnya menjadi tak terkontrol.

 

            Dalam novelnya terbagi ke dalam 5 part dan tiap part selalu berakhir dengan penyakitnya yang berusaha disembuhkan, tapi tidak sepenuhnya sembuh. Dalam volume terbaru penyakitnya sudah sampai ke titik dimana dapat dikatakan sembuh secara total, itu dibuktikan dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan dari tubuh myne yang terlihat jelas.

 

 

 

            Tubuh myne tidak dapat bertahan dari penyakit "pelahap", ditambah dengan adanya jiwa dari motosu urano tidak meringankan beban tubuh yang sudah berganti jiwa tersebut. Di novel dijelaskan,kalau bukan karena keinginan yang kuat dari urano motosu untuk menjadi pustakawan, kemungkinan dia sudah meninggal di telan penyakitnya, sama seperti myne sebelumnya.

 

 

            Jika dari awal myne dilengkapi dengan alat dan pengetahuan yang cukup tentang penyakitnya, kemungkinan dampak dari penyakitnya bisa ditekan atau bahkan malah bisa sembuh, dan myne akan sepenuhnya menguasai kekuatannya, tapi sayangnya di terlahir di keluarga kurang mampu dan hanya bisa menunggu perkembangan penyakitnya

 

            Selalu ada hal positif dari hal yang bahkan terlihat buruk sekalipun. Penyakit myne memang menakutkan selain dampak dan efeknya, tapi jika diambil sisi positifnya, kekuatan sihir myne meningkat menjadi tingkat yang luar biasa. Meskipun berbeda dengan kebanyakan karakter utama Isekai lainnya yang langsung memiliki kekuatan dari awal, development character dari myne tidak dilihatkan segi kelebihannya, justru penulis menonjolkan banyak kekurangan myne dari awal, tapi perkembangannya bagus , sedikit demi sedikit myne terus berkembang memakai kekuatannya.

 

 

sumber Gambar: muse.id dan anime

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS