Ticker

6/recent/ticker-posts

Gelar Edukasi Mengenai Kanker Serviks dan Pentingnya Deteksi dini di Mungo, Lima Puluh Kota

 


Oleh : Rohadatul  Aisya   Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas 

Kanker serviks atau biasa dikenal dengan kanker leher rahim menempati urutan kedua terbanyak dengan jumlah kasus 36.633 kasus atau 9,2% dari total kasus kanker di Indonesia ( Handayanj N.2022). Data dari Rumah SakitUmum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo Jakarta memperlihatkan bahwa 94 persen pasien kanker serviks meninggal dalam waktu dua tahun. Hal tersebut menunjukkan bahwa di Indonesia kanker serviks salah satu kanker yang banyak di derita oleh perempuan indonesia. Salah satu cara untuk mencegah Kanker Serviks dengan melaksanakan Skrining. Skrining yang dilakukan yaitu Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA). Di kabupaten lima puluh Kota capaian pelayanan kesehatan usia produktif masih tergolomg rendah. Salah satu capian pelayanan kesehatan usia produktif yang rendah adalah Puskesmas Mungo.

Dari permasalahan tersebut mendorong mahasiswa Universitas Andalas, Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) – Proyek kemanusiaan di Kabupaten Lima Puluh Kota tepatnya di Wilayah Kerja Puskesmas Mungo. Mahasiswa menggelar kegitan edukasi di Musholla Koto Nan Gadang, Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota yang dihadiri oleh ibu-ibu usia Produktif (15-59 tahun). Kegaiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai kanker serviks, meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya terkena kaker, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini serta ajakan masyarakat untuk meakukan skrining IVA di Puskesmas Mungo .

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Afadhil Arnandes Putra (IKM 21), M Rifat Ilhami (IKM 21), Rihadatul Aisya (IKM 21), Arasanti Azzahra Tanjung (IKM 21) dan Nurul Fatimah Yusri (IKM 21) dibawah bimbingan dosen ibu Ade Suzana Eka Putri, SKM, M.CommHealth, Sc, PhD.

Dengan antusiasme tinggi, mahasiswa tersebut menyampaikan informasi mengenai penjelasan mengenai kanker serviks ( penyebab, faktor risiko, serta cara pencegahan dan pennggulangan kanker serviks). Dan mahasiswa juga memberikan penjelasan mengenai penting lnya deteksi dini kanker dan penejelasan mengenai skrining IVA. Sebelum memulai penejelasan materi mahasiswa melakukan pre test untuk menilai pemahaman masyarakat sebelum dilakukannya penyuluhan. Mahasiswa melakukan presentasi dengan bantuan power point. Sebelum melakukan penjelasan materi mahasiswa memberikan soal post test untuk melihat apakah ada perbedaan atau tidak antara pengetahuan sasaran sebelum pemberian penyuluhan dan sesudah pemberian penyuluhan. Hasil pre test dan post test menunjukaan terjadi peningaktan pengetahuan masyarakat tentenag materi yang telah disampaikan. Selain itu mahasiswa beserta tenag puskesmas juga berhasil mengajak masyrakat dan ikut melaksanakan skrining IVA di puskesmas mungo setelah kegiatan penyuluhan tersebut. Skrining IVA dilaksanakan di puskesms Mungo oleh tenaga medis terlatih Puskesmas Mungo dan mahasiswa turt membantu untuk pencatatan dadan pendataan untuk keperluan skrining.

Sebagai bagian dari kegiatan, mahasiswa juga menyediakan materi tertulis, yaitu brosur yang berisi rangkuman dari materi kanker serviks dan deteksi dini yang dapat membantu masyarakat untuk terus memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat. Acara berlangsung dengan penuh semangat, menciptakan suasana yang edukatif dan memberdayakan. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat wilayah kerja puskesmas mungo dan bisa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat nantinya.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS