Ticker

6/recent/ticker-posts

Yoice Yuliani Akan melakukan Ketahanan Pangan Untuk Swasembada

 



Kepala dinas pertanian  kota Padang Yoice Yuliani menyebutkan kondisi lahan sawah di daerah perkotaan lebih banyak terjadi alih fungsi lahan dibandingkan lahan yang ada di pedesaan.


Ia  menjelaskan sebagian besar alih fungsi lahan yang terjadi di perkotaan itu adanya penggunaan lahan di luar pertanian, seperti lahan persawahan menjadi kawasan perumahan.


"Kalau alih fungsi lahannya dari tanam padi ke tanam jagung, berarti masih di sektor pertanian alih fungsi lahannya. Nah, kalau di perkotaan, di luar pertanian yang banyak terjadi," katanya, pekan silam 



Yoice Yuliani menyampaikan perkembangan penduduk (pemukiman) dan kebutuhan pembangunan sosial ekonomi lainnya, juga memberikan pengaruh pada perlindungan lahan sawah.


Untuk itu kita akan terus melakukan ketahanan Pangan  sebagai upaya strategis untuk memperkuat ketahanan pangan. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani menjelaskan, salah satunya melalui upaya meningkatkan produksi tanaman padi.


Menurutnya, Kota Padang saat ini memiliki lahan persawahan seluas 4.341,76 hektar. Sawah tersebut tersebar di 10 kecamatan Kota Padang, kecuali Kecamatan Padang Barat. 


"Meningkatkan produktivitas tanaman padi, petani kita usulkan memakai benih varietas unggul bermutu, berlabel, dan berproduktivitas tinggi. Ini salah satu upaya kita dalam memperkuat ketahanan pangan," ujarnya saat rapat koordinasi ketahanan pangan 


Yoice menyampaikan selain itu melalui, peningkatan jumlah populasi tanaman dengan sistem tanam legowo atau jajar legowo. Dengan cara ini, produksi cepat meningkat hingga 33,01 persen kendati bulma cepat tumbuh.


"Kemudian, pemupukan yang sesuai dengan rekomendasi spesifik lokasi serta berimbang dengan pemakaian pupuk organik serta pupuk bio-hayati. Misal pemanfaatan jerami sebagai pupuk, guna mengurangi pupuk kimia. Saat ini sudah ada 31 unit pengolahan pupuk organik (PPO)," katanya

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS