Ticker

6/recent/ticker-posts

Prinsip – Prinsip Demokrasi Pancasila Dalam Sistem Politik Indonesia

 


Penulis Difa Novia Wahyuni ( Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas )

Negara indonesia disebut negara yang  demokrasi ,karena demokrasi merupakan salah satu sistem politik yang memberikan penghargaan atas hak dasar manusia maka dari itu demokrasi akan terwujud apabila Negara mampu menjamin tegaknya hak asasi manusia.

Demokrasi pancasila merupakan sistem pemerintah yang berlandaskan pada nilai – nilai pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dan Undang – Undang Dasar  1945 sebagai konstitusi, Ini merupakan sistem politik yang dianut oleh Negara Indonesia. Demokrasi pancasila merupakan perpaduan antara demokrasi dengan nilai – nilai keindonesiaan ,seperti  gotong royong ,kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan persatuaan.

Dalam pelaksanaanya ,penerapan prinsip – prinsip demokrasi pancasila diindonesia masih perlu ditingkatkan. Adapun disebabkan oleh faktor seperti masih adanya budaya feodalisme ,rendahnya kesadaran masyarakat akan demokrasi dan korupsi yang masih merajale. Diperlukannya upaya – upaya dari berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat , maupun lembaga – lembaga pendidikan .

Agar  terjalannya demokrasi pancasila yang baik ,perlunya prinsip – prinsip demokrasi pancasila  dalam politik Indonesia sebagai berikut: 

Pertama kedaulatan rakyat, menekankan bahwa kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kedaulatan rakyat sendiri diwujudkan melalu pemihan umum yang demokratis , dimana rakyat memiliki hak suara untuk memilih pemimpin mereka dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan  karna rakyat memiliki hak untuk mengawasi jalannya pemerintahan.

Kedua Pemerintah terbuka dan bertanggung jawab, menekankan bahwa pemerintah harus terbuka dan transparan dalam menjalankan tugasnya mulai dari proses pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran serta pelaksanaan kebijakan agar menciptakan kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam pemerintah 

Ketiga persamaan didepan hukum , menekankan setiap orang memilik kedudukan yang sama didepan hukum tanpa memandang latar belakanngnya dan semua orang berhak mendapatkan perlindungan hukum yang sama.  Dijamin dalam Undang - Undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat (1) yang berbunyi : "segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya ".

Keempat kebebasan yang bertanggung jawab ,bahwa setiap orang memiliki kebebasan yang harus digunakan dengan bijaksana seperti kebebasan untuk berpendapat , bekumpul dan berserikat namun kebebasan tersebut harus bertanggung jawab dan tidak melanggar hak asasi orang lain. Dijamin dalam Undang – Undang Dasar 1945  Pasal 28 ayat (1) menyatakan "menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan meyakinkan kepercayaan , menyatakan pikiran dan sikap ,serta memiliki hak untuk berserikat ,berkumpul ,dan mengeluarkan pendapat. Namun  kebebasan tersebut harus tetap memperhatikan hukum yang berlaku.

Penerapan prinsip –prinsip pancasila dalam politik Indonesia dapat dilakukan agar mewujudkan demokrasi pancasila yang baik, banyak manfaat yang akan dapat dirasakan oleh rakyat.

 Oleh karena itu penting bagi setiap warga Negara Indonesia untuk memahami dan mendukung penerapan prinsip – prinsip demokrasi pancasila dalam politik Indonesia.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS