Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati Hari Disabilitas Dunia 2023, Pasaman Tuan Rumah Pelaksanaan Operasi Katarak

 


PASAMAN - Dari 19 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), untuk tahun ini hanya sebanyak tiga kabupaten di antaranya yang dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara operasi katarak.



Selain Kabupaten Pasaman, dua daerah lainnya adalah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Kabupaten Agama. Kegiatan itu dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Dunia 2023, yang untuk tingkat Pasaman dipusatkan di Lubuk Sikaping, Sabtu (2/12/2023).



Yang bertindak selaku penyelenggara operasi katarak adalah Sentra Balai Handayani Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Kegiatan tersebut didukung oleh Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami). 


Guna menyukseskan kegiatan operasi katarak, selain dengan mengirim sejumlah tenaga medis, Perdami juga langsung mengirim sejumlah peralatan medis langsung dari Jakarta ke Lubuk Sikaping.


Tidak pelak bila Bupati Pasaman Sabar AS mengaku terharu atas besarnya perhatian sejumlah pihak terhadap Pasaman, termasuk semua penduduk yang bermukim di dalamnya.


Termasuk penderita penyakit mata, menurut Sabar, memang perlu mendapat perhatian lebih agar mereka kembali menerima motivasi untuk bersemangat menjalani kehidupan.


"Mereka juga berhak menjalani hari-hari sama halnya dengan masyarakat normal lainnya," tambah mantan anggota DPRD Sumbar itu. 


Pada bagian lain Sabar mengingatkan bahwa yang namanya pembangunan tidak hanya menyangkut bidang ekonomi. "Pembangunan bidang sosial juga merupakan bagian dari pembangunan secara nasional," katanya. (spa)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS