Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Partisipasi Warga Negara Dalam Pemilu

 


Oleh: Cindi gusrialnita

Jurusan: Ilmu Politik universitas Andalas 


Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat terhadap negara dan pemerintahan, pemilu di Indonesia merupakan wujud nyata dari demokrasi. Pemilu juga merupakan bentuk pemenuhan hak warga negara dalam mengeluarkan suaranya untuk memilh wakil rakyat yang mampu bertanggung jawab, membuat kemajuan bagi negara dan mampu menyejahterakan rakyat. Pemilu itu sendiri memiliki asas yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Tentunya dalam pemilu dibutuhkan partisipasi warga negara.

Pentingnya partisipasi warga negara dalam pemilihan umum, hal itu bertujuan untuk memilih wakil rakyat yang bisa membuat kemajuan bagi bangsa. Apalagi saat nanti pemilu 2024 banyak pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya. Pemilih pemula yaitu mereka yang belum bisa memberikan suaranya pada 5 tahun belakang atau pada pemilu tahun sebelumnya, dan syarat nya yaitu yang sudah berusia genap 17 tahun pada saat pemilu itu. KPU sering mengingatkan kepada pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu 2024 nanti dikarenakan satu suara saja sangat mempengaruhi masa depan bangsa. Selain itu, KPU berharap tidak ada yang golput dalam pemilu nanti dikarenakan pada zaman sekarang ini sudah banyak media yang bisa kita gunakan untuk menambah pengetahuan tentang politik. Selain itu, media tersebut juga dapat kita gunakan untuk melihat track record dari calon wakil rakyat tersebut, kita dapat melihat apa saja visi misi nya dan juga kita dapat mempertimbangkan dari berbagai aspek seperti mencari wakil rakyat yang paham tentang global issues, dll.

Memilih atau tidak itu merupakan hak asasi manusia, tetapi sangat disayangkan jika rakyat tidak menggunakan suaranya dalam pemilu, pemilih pemula seharusnya jangan pasif harus aktif dan berani menyatakan sikap yang baik. Para pemilih muda dan pemula yang sudah paham dengan teknologi dapat memanfaatkan itu untuk memilih pemimpin yang terbaik dengan cara memahami dan mencari tahu tentang para calon pemimpin tersebut.



Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS