Ticker

6/recent/ticker-posts

Kontroversi Penolakan Pengungsi Rohingya Di Aceh Dan Pemindahan Ke Pulau Galang





 Kontroversi Penolakan Rohingya di Aceh dan Pemindahan ke Pulau GalangEtnis Rohingya adalah salah satu kelompok etnis yang tidak diakui di Myanmar.Kelompok etnis ini mendapat perlakuan diskriminasi oleh pemerintah setempat.Pemerintah Myanmar menganggap kelompok etnis Rohingya sebagai imigran ilegal dari negara Bangladesh. Perlakuan diskriminatif ini menyebabkan warga Rohingya harus pergi dan mengungsi ke negara tetangga, termasuk Indonesia.


Gelombang pengungsi Rohingya terus berdatangan ke Indonesia hingga akhir tahun 2023 ini. Menurut data dari Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), total pengungsi Rohingya yang berada di Aceh mencapai 1.684 jiwa, termasuk 140 orang yang bertahan dalam satu tahun terakhir.Pengungsi Rohingya dari Myanmar kerap mendapat penolakan di Indonesia.Menurut Kepala Desa Pulo Pineung Mukhtaruddin, alasan masyarakat setempat menolak para pengungsi Rohingya tersebut adalah karena merepotkan setelah tinggal di daratan. Melihat bagaimana banyaknya para pengungsi yang melanggar norma sosial yang berlaku di Aceh. 



Peristiwa tersebut pun menimbulkan kekhawatiran serta keresahan dari masyarakat setempat.Belum lama ini, Wakil Presiden Indonesia mengusulkan agar pengungsi Rohingya untuk sementara diungsikan ke salah satu pulau di Sumatera, yakni pulau Galang.Pulau yang terletak di Batam, Kepulauan Riau dan sebelumnya pernah menjadi tempat penampungan pengungsi Vietnam pada tahun 1975-1996. 


Hal ini disampaikan oleh Ma'ruf Amin setelah menghadiri acara Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan Peresmian Universitas Indonesia Industrial Government (I-GOV) ke-3 Tahun 2023 yang diselenggarakan diUniversitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa 5 Desember 2023.


 Namun usulan tersebut juga mendapat berbagai respons. Salah satunya Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) yang mengaku bahwa ia tidak setuju jika Pulau Galang ini dijadikan tempat penampungan untuk para pengungsi Rohingya.



Mahfud MD juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia sedang berupayamencari tempat penampungan baru untuk para pengungsi Rohingya lantaran lokasi saat ini sudah tidak mencukupi.


 Kementerian Luar Negeri (Kemlu) juga akan berkoordinasi dengan badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR) untuk ikut membantu menangani pengungsi Rohingya di Indonesia.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS