Ticker

6/recent/ticker-posts

Penerapan Multi Lane Free Flow Jalan Tol Indonesia

 


Penulis:Taufiq Herlambang Tepati Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas


 

               Multi Lane Free Flow atau dapat kita singkat MLFF ini memiliki keunggulan yang sangat membantu untuk masuk jalan tol, karena dengan MLFF ini kita tidak perlu lagi untuk berhenti dalam proses pembayaran tol. Penerapan MLFF ini sangat efektif dalam mengurangi kemacetan yang terjadi pada kebanyakan pintu masuk tol di Indonesia.

 

             Cara kerja dari Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) ini ialah memasangkan alat di dalam mobil yang bernama Global Navigation Satelit System (GNSS), inovasi ini dapat melakukan transaksi dari smartphone yang dapat dibaca oleh sistem satelit, denga menggunakan suatu aplikasi, lalu GPS akan mendeteksi lokasi yang terdeterminasi satelit sehingga proses map-matching berjalan dan akan berkahir di pintu keluar jalan tol, nantinya sistem akan menentukan tarif. jadi hal ini yang membuat mobil tidak perlu lagi berhenti dan menyebabkan antrian di ruas pintu tol.

 

MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dan Hungaria yang bertujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia. Proyek ini diinisiasi pada saat kunjungan perdana Menteri Hungaria, Mr, Victor Orban pada tahun 2016. Pemerinyah Hungaria Berinvestasi 100% pada proyek ini dengan nilai investasi sebesar 4.5 triliun rupiah dalam bentuk Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). “dikutip dari binamarga.pu.go.id.

 

Pemerintah Indonesia dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), memiliki ambisi dalam peningkatan tata pengelolaan sistem jalan tol Indonesia, dengan inovasi Multi Lane Free Flow (MLFF). Direktur Jendral Bina Marga Hedy Rahadian mengungkapkan bahwa uji coba MLFF ini akan dilakukan pada minggu kedua Desember ini, dalam rentang dua minggu pada tol Bali-Mandara. Setelah itu akan di cek lagi dan di evaluasi kembali, jika masih ada kekurangan pastinya akan di perbaiki dan di uji coba kembali. Lalu Jika sudah berhasil akan segera di operasikan ke berbagai daerah di Indonesia.

 

Saya berharap bahwa inovasi berhasil dan berkembang di Indonesia, sebab dengan teknologi MLFF ini sangat efektif dalam mengurangi kemacetan pada pintu-pintu tol di Indonesia. Pastinya hal ini akan berdampak positif bagi Indonesia dalam proses transportasi yang sangat berpengaruh pada perputaran ekonomi di Indonesia, saya berharap juga Indonesia dapat menjadi negara yang maju.

 


 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS