Ticker

6/recent/ticker-posts

Kebijakan Pemerintah dalam Tranformasi Ekonomi: RAPBN 2024 dan Langkah Inovatif untuk Kesejahteraan Bersama.

 


Penulis: Difa Novia Wahyuni  (Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Andalas)



Kebijakan pemerintah dalam mempercepat tranformasi ekonomi diindonesia dengan memperkuat  fundamental ekonomi kedepan  dan  melanjutkan berbagai  pembangunan  ,agar mempercepat tranformasi ekonomi  perlunya dorongan dari berbagai sektor yang berpotensi pertumbuhan yang besar.

Pertumbuhan ekonomi diarahkan lebih berkualitas dan inklusif yang ditunjukkan terutama kemampuan menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan kemiskinan serta ketimpangan. Fundamental ekonomi domestik yang kokoh dan stabil tersebut ditopang oleh terjaganya inflasi di tingkat yang relatif rendah. Selain itu, kontribusi ekspor hilirisasi mineral dan sektor primer menopang peningkatan kinerja ekspor yang mendorong penguatan neraca berjalan. Konsistensi atas penguatan neraca transaksi berjalan membuat Indonesia mampu keluar dari kelompok lima negara yang memiliki tingkat kerentanan pada fundamental ekonomi.

Dengan disahkannya RAPBN  Tahun  Anggaran 2024  pada rapat paripurna keenam DPR RI pada  kamis,21 september 2023 pemerintah telah menyusun dokumen kerangka ekonomi makro dan pokok – pokok kebijakan fiksal tahun 2024. 

RAPBN 2024 akan berperan melindungi rakyat dan stabilisasi ekonomi dari guncangan global ( stabilisasi harga pangan ,ketahanan energi dan pengendalian inflasi ). Selain itu APBN  juga sebagai instrumen mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui  2 strategi utama.

Strategi jangka pendek difokuskan: untuk  penghapusan kemiskinan ekstrem menjadi 0 % ditahun 2024, penurunan prevalensi stunting menjadi 14 % ditahun 2024 , pengendalian inflasi untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendorong peningkatan investasi.

Sedangkan srategi jangka  menengah – panjang difokuskan  untuk : penguatan kualitas SDM,penguatan infrastruktur pendukung tranformasi ekonomi pangan , mendorong aktivitas ekonomi bernilai tambah tinggi melalui hilirasi SDA , mendorong  institutional reformasi kelembagaan dan simplifiksi regulasi dan mendorong ekonomi hijau.

Pembiayaan anggaran tahun 2024  sebesar  522,8 triliun dan adapun kebijakan defisit anggaran  tahun 2024 diarahkan dalam mendukung kelanjutan konsolidasi fiskal dan untuk mendorong peningkatan produktivitas , kesejahteraan masyarakat dan akselerasi transformasi ekonomi .

Arsitektur kebijakan fiskal tahun 2024 diarahkan untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan agar mendukung arah kebijakan fiskal tersebut dan pemerintah akan mengoptimalkan  tiga fungsi APBN ,yakni alokasi ,distribusi dan stabilisasi.


Tranformasi ekonomi diindonesia melibatkan berbagai upaya  untuk  meningkatkan pertumbuhan ekonomi  untuk kesejahteraan bersama  seperti pembangunan infrastruktur yang merata dan berkualitas merupakan salah satu kunci untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi , peningkatan produktivits merupakan faktor penting untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan ,dan peningkatan daya saing  ekonomi diindonesia perlu ditingkatan agar mampu bersaing di pasar global.

Maka  peran APBN sangat penting dalam mendukung memfasilitasi, serta menentukan arah kebijakan ekonomi,sosial,dan daya saing pertahanan dan keamanan nasional.serta  dimasa depan  RAPBN tahun 2024 diarahkan untuk “ Mempercepat Tranformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” agar terwujudnya Indonesia emas 2045.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS