Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunjungi Komunitas Menulis di Irbid Yordania, Duta Besar RI Sampaikan Dukungan dan Siap Berkontribusi

 ,


Irbid – Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Yordania, Hasyimiah merangkap negara Palestina, Ade Padwo Sarwono, bersama bapak Alamsyah, selaku Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, dan bapak Muhammad Hartantyo, selaku Fungsi Politik KBRI Amman melakukan kunjungan ke Sekretariat Lingkar Pena Irbid (LPI) untuk mengadakan pertemuan dengan pengurus LPI pada hari Selasa (28/11/23).


Lingkar Pena Irbid merupakan komunitas menulis yang dibentuk oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Yarmouk University, Irbid, Yordania, pada bulan Juli lalu, dan juga telah menerbitkan majalah perdananya yang diberi nama “Horizon” pada September lalu dengan tema “Indonesia; Unity in Diversity”.


Dalam kunjungannya kali ini, Dubes RI itu mengaku sangat senang bisa bertemu dan berkumpul kembali dengan para mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Pena Irbid. Sambil menikmati hidangan makan siang, beliau mengingatkan akan pentingnya literasi dan kreatifitas dalam berpikir bagi seorang mahasiswa.


Selain itu, Ade Padmo Sarwono juga menanyakan tentang progres penerbitan majalah Horizon edisi kedua yang rencananya akan diterbitkan pada Januari mendatang. “Mengingat mahasiswa Indonesia di Yordania ini bukan hanya di Irbid, namun juga di Amman dan Mu’tah, majalah ini harapannya menjadi salah satu media komunikasi untuk mahasiswa Amman dan Mu’tah juga didorong untuk bisa ikut menulis, berkontribusi” tuturnya.


Pada pertemuan itu, beliau juga mengungkapkan bahwa KBRI Amman sangat mendukung dan siap berkontribusi dalam penerbitan majalah Horizon edisi kedua mendatang.


Badrul Jihad, selaku ketua umum LPI menyatakan bahwa LPI telah merealisasikan saran dan masukan dari bapak Alamsyah pada pertemuannya di kantor KBRI Amman, Oktober lalu, terkait pentingnya mengikuti perkembangan zaman yang serba digital ini. Salah satunya adalah dengan membuat website untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh teman-teman yang tergabung dalam komunitas tersebut.


Badrul Jihad juga memperkenalkan tentang beberapa program baru dari LPI seperti; Rumah Baca dan Ngopi (ngobrol di LPI). Dia mengharapkan KBRI Amman selaku perwakilan pemerintah Indonesia di Yordania, mendukung dan ikut berkontribusi agar program-program tersebut terlaksana sesuai harapan.


Duta Besar RI untuk Yordania merangkap Palestina itu juga menekankan pentingnya mengembangkan skill dan pengalaman dalam berorganisasi sebagai modal ketika kembali ke Indonesia nanti, karena pada zaman yang sekarang ini yang dilihat tidak hanya ijazah saja, tapi juga skill dan pengalaman.


“Berorganisasi, hobi, dan pengalaman yang didapat saat menjadi mahasiswa itu penting sekali loh. Jika kita aktif berorganisasi maka hal itu akan menjadi penunjang saat nanti terjun di dunia kerja, apalagi dibarengi dengan banyaknya pengalaman,” tekannya.


Lalu beliau juga mengingatkan pentingnya kaderisasi dalam untuk terus menjaga keberlangsungan suatu organisasi. LPI diminta untuk menyiapkan kader-kader terbaiknya sebagai penerus.


Sebagai penutup dalam pertemuan tersebut, Badrul Jihad mewakili seluruh pengurus LPI mengungkapkan kesannya atas pertemuan KBRI Amman dan pengurus LPI yang dihadiri langsung oleh Duta Besar RI. “Kami merasa sangat bangga dikunjungi lansung oleh bapak Duta Besar bersama rombongan ke Sekretariat LPI yang sederhana ini. Kami mendapatkan insight dan saran-saran yang menarik dari bapak Duta Besar tentang prospek LPI ke depan. Dan kami tentu akan segera menunaikan saran-saran yang bapak sampaikan tersebut dengan baik."


 


 


 


 


Contact person:


Khaerul Umam (+962 7 7856 2965)


Sekretaris Unit Redaksi BPMI PPI Dunia

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS