Ticker

6/recent/ticker-posts

Harga Gabah Naik Di Sumbar, Pemilik Huller Di Padang Akibat Dari Hama Tak Terkendali

 


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menyebutkan harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp8.970 per kilogram (Kg) yakni di Kabupaten Pesisir Selatan pada Oktober 2023.


"Di tingkat petani harga gabah tertinggi berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan harga terendah berasal dari Kabupaten Tanah Datar Rp6.500 per kilogram," kata Kepala BPS Provinsi Sumbar 


Perkembangan harga gabah diterima setelah BPS setempat menyurvei komposisi jumlah observasi dari 126 transaksi harga gabah di tujuh kabupaten yakni Pesisir Selatan, Solok, Padang Pariaman, Agam, Tanah Datar, Limapuluh Kota, dan Pasaman.


Komposisi tersebut terdiri dari gabah kering panen (GKP) sebesar 91 persen, gabah kering giling (GKG) satu persen, dan gabah luar kualitas sebesar delapan persen.


Kenaikan harga gabah di provinsi. Sumatera barat karena berkurangnya hasil panen petani akibat serangan hama tikus dan burung namun demikian hal tersebut bukan menjadi satu²nya faktor tingginya harga gabah, kelangkaan pupuk serta faktor cuaca beberapa bulan belakangan ini juga menjadi penyebab kenaikan harga gabah. 


Pada Desember ini, Berdasarkan informasi yang dihimpun dari H Oyon salah seorang  pemilik heuller di Kota Padang  untuk harga gabah kering giling jenis padi IR52 berada di harga Rp. 15.000, dan utk jenis padi sokan dan anak daro berada pada harga Rp. 16.000.

Dikatakan Oyon harga tersebut naik tiap bulannya karena akibat dari serangan hama tikus dan hama burung 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS