Ticker

6/recent/ticker-posts

Calon DPD RI Jelita Donal Dilaporkan ke Bawaslu Sumbar

 



Memasuki pekan kedua kampanye Pemilu 2024 tensi politik makin meningkat. Sejak dimulai pada tanggal 28 November 2023 lalu kini masa kampanye telah berjalan 13 hari.


Akibatnya persaingan para calon legislatif makin ketat dan cenderung keras. Hal ini terjadi pula dengan para peserta pemilu perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Dalam Pemilu 2024 jumlah calon DPD RI daerah pemilihan Provinsi Sumatera Barat  berjumlah 15 orang.


Terbukti hari ini salah seorang warga masyarakat mendatangi Bawaslu Sumatera Barat untuk melaporkan dugaan pelanggaran pemilu oleh salah satu calon anggota DPD RI nomor urut 7, Jelita Donal yang akrab disapa Ustadz Jel. 


Pelapor bernama Ardian Nova Chaniago mendalilkan bahwa Jelita Donal berpotensi melakukan pelanggaran kampanye pemilu dimana sang ustad akan ikut serta dalam rangkaian safari dakwah Ustad Abdul Somad (UAS). 


"Berdasarkan informasi resmi yang beredar via grup whatsapp bahwa kegiatan UAS itu akan berlangsung dari tanggal 14 sampai tanggal 17 Desember 2023 di beberapa Kabupaten dan Kota di Sumbar", urai Ardian.


Selanjutnya tempat kegiatan yang hendak dilaksanakan oleh Jelita Donal bersama UAS tersebut beberapa diantaranya adalah di tempat ibadah (Masjid) dan fasilitas milik pemerintah. "Itu jelas-jelas dilarang digunakan oleh peserta Pemilu", tegas mantan Aktivis '98 ini.


Ardian diterima oleh Staf Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Firmansyah, SH, MH di ruangan Sentra Gakkumdu Bawaslu Sumbar pada pukul 15.16 WIB dengan tanda bukti Penyampaian Laporan Nomor: 006/LP/PL/Prov/03.00/XII/2023. "Laporan ini langsung kami ditindaklanjuti sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan oleh pimpinan", kata Firman.


Ardian berharap Bawaslu dapat bertindak adil dan tegas dalam menegakkan aturan main selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024 agar tercipta suasana yg kondusif dan menghasilkan para wakil rakyat dan pemimpin yang berkualitas pula.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS