Ticker

6/recent/ticker-posts

Analisis Kebijakan Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Trans Padang Sebagai Transportasi Publik Kota Padang

 



Oleh : Alya saputri

Mahasiswi Universitas Andalas FISIP Dapertemen Ilmu Politik

Kota padaang yang merupakan Ibukota Provinsi tentunya pasti menjadi tempat lalulintas barang  dan merupkan tempat lalu lintas jasa terbesar yang berada di Sumatra Barat. Padang juga merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat perdagangan, industri pendidikan dan juga merupakan salah satu daerah pusat pariwisata. Eleh sebab itu, banyaknya terjadi peningkatan akan permintaan pada sarana tranportasi umum yang dapat menjangkau serta mengakses beberapa objek dari suatu tempat ke tempaat lain untuk berbagai tujuan tertentu.

Oleh karena itu, pemerintah serta Dinas  perhubungan sesuai dengan Perwako No.21 tahun 20143 melahirkan dan menyedikan sebuah ransportassi umum konvesional berbasis modern  yajkni Transpadang. Transpadang merupakan salah satu tranportasi umum yang ada di daerah kota padang, dan merupakan sistem bus raya terpadu. Dimana mulai beroperasi sejak bulan Febuari tahun 2014 hingga saat 2023 masih beroperasi dengan baik. Pada mulanya trans padang hanya melayani 4 koridor yakni koridor pasar raya padang menuju lubuk buaya, teluk bayur menuju terminal anak air, akan tetapi baru baru ini tepatnya pada awal Desember kemarin walikota padang meresmikan 2 koridor baru yakni bungus teluk kabung dan pusat kota menuju Nanggalo.

Dengan adanya transpadang jelas membawa dampak yang baik baagi masyarakat.Tidak hanya pada masyarakat akan tetapi tata kelola kota padang menjadi lebih terarah dengan baik dan juga dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Transpadang juga merupakan transportasi publik yang teratur dan tidak ugal-ugalan dalam melaksanakan pengoperasianya, sangat berbanding terbalik dengan transportasi umum lainnya, seperti angkot yang dapat menyebakan kemacetan serta tidak jarang angkot juga berhenti di sembarang tempat sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Dengan harga yang terjangkau tetapi mendapatkan fasilitas serta sarana prasarana yang baik seperti memiliki halte,dan kapasitas tempat duduk dan berdiri yang banyak,serta keamanan yang juga jelas sangat terjaga. Dengan anggaran biaya yang sangat murah baik untuk perjalanan jauh maupun perjalanan dekat.

Akan tetapi, setelah kurang lebih setelah beroperasi sekitar 9 tahun apkah kualitas serta pelayanan transpadang telah sesuai dangan apa yang menjadi peraturan walikota No.160 Tahun 2020 menegenai standar pelayanan minial layanan angkutan umum transpadang?. Dari hasil survei dan wawancaara salah seorang penumpang dari transpadang beliau menyatkan “kinerja serta pelayanan transpadang sudah sangat baik dan sudah sangat sesuai, dengan adanya AC serta tempat duduk dan isi dalam dari transpadang saat berih”. Beliau juga menambahkan, “hanya saja ada beberapa fasilitas bus yang mulai rusak” dan sudah tua seperti transapadang yang beroperasi dari teluk bayur menuju terminal anak air” ucap beliau.

Oleh sebab itu, menurut saya pemerintah sangat berperan penting dalam menjaga dan terus meningkatkan fasilitas yang ada padang transpadang. Tidak hanya pemerintah para penumpang juga harus turut serta dalam menjaga fasilitas yang ada. Seperti misalnya tidak untuk mebuang sampah sembarangan di dalam bus dan tetap teratur pada saat di dalam bus. Agar terciptanya kenyaman para penguna lain. Sebab tak jarang juga penumpang bus murupakan para wisatawan dan para anaak kuliahan dari berbagai daerah yang sedang menjelajahi kota padang dengan menggunakan transpadang. Dan menurut saja juga sebagai salah seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan di kota padanag sangatlah terbantu dengan adanya transpadang, selain karena harga yang relatif murah transpadang pun sudah sangat terjaga keamanannya dan juga mempermudah kami para anak rantau untuk menagakses daerah-daerah yang ada  di kota padang dan  menjadi salah satu angkutan umum berbasis modern terbaik yang ada di kota padang.

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS