Ticker

6/recent/ticker-posts

Nagari Sijunjung Selenggarakan Festival Alek Mande Dihadiri Kementerian Pendidikan Di Perkampungan Adat, Minggu 12 Nopember Ini

 


Sijunjung. 

Pada hari minggu 12 Nopember 2023, Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Festival Alek Mande (FAM) akan di hadiri langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Perfilman RI serta Gubernur Sumbar. 


Hal ini dikatakan Walinagari Sijunjung, Rajilis Bandaro Sati saat dijumpai awak media ini di kantornya Jumat 10 Nopember 2023.


FAM Nagari Sijunujng mengusung tema Berkaul Adat Nagari (BAN), dengan peserta FAM diikuti sekira 500 peserta dari 19 daerah kabupaten dan kota se-Sumbar. 


Acara seremonial FAM Nagari Sijunjung akan berlangsung di Perkampungan Adat Sijunjung (PAS), kata Walinagari Sijunjung, Rajilis menginfokan. 


"Bahwa, Berkaul Adat Nagari Sijunjung ini telah menjadi warisan budaya tak benda ditingkat nasional", imbuhnya pula. 


Dan, kegiatan Berkaul Adat Nagari Sijunjung ini nantinya diselenggarakan pada hari puncak tanggal 11 Desember 2023.


Saat itu nanti para ninik mamak dan bundo kanduang anak keponakan melakukan membuka kapalo banda sebagai pertanda dimulainya turun ke sawah. 


"Sebagai wujud syukuran kepada Allah S. W. T atas panenan yang lumayan maka ditandai dengan kegembiraan penduduk ini dengan menyembelih kerbau buat panganan bersama", yang dibubuhi pula dengan berzakat buat pembangunan rumah ibadah. 


"Tradisi ini telah kami warisi turun temurun dan menjadi pengayaan budaya Adat dan tradisi bagi masyarakat Sijunjung", pungkasnya.**(Obral Chaniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS