Ticker

6/recent/ticker-posts

MAN 1 Padang Dinilai TPSMS

 




MAN 1 Kota Padang, Humas - MAN 1 Kota Padang menerima kunjungan dari Tim Penilai Sekolah dan Madrasah Sehat (TPSMS) untuk melakukan penilaian pada perlombaan sekolah dan madrasah sehat tingkat kota Padang, Rabu (22/11) di MAN 1 Kota Padang.

Kunjungan ini dilakukan karena MAN 1 Kota Padang diutus untuk mengikuti perlombaan ini untuk mewakili kecamatan Kuranji.

Kedatangan TPSMS ini disambut oleh kepala MAN 1 Kota Padang dengan pengalungan bunga, tongkat pora oleh anggota pramuka, mars madrasah oleh paduan suara dan anggota PMR Wira MAN 1 Kota Padang.

Kepala MAN 1 Kota Padang mengatakan bahwa keikutsertaan MAN 1 ini pada lomba ini karena dianggap oleh pemerintah kemacatan Kuranji dan puskesmas Ambacang sebagai SLTA paling layak di kecamatan Kuranji ini.

“Kita dinyatakan paling layak di kecamatan Kuranji karena pernah berlomba pada tingkat kota Padang dan baru-baru ini MAN 1 juga mewakili kota Padang pada propinsi untuk lomba yang sama,” jelasnya.

Menurut salah seorang tim penilai, Syahri mengatakan bahwa kedatangan tim ini dalah rangka penilaian dan stratifikasi sekolah dan madrasah sehat yang nantinya akan diberi sertifikat bahwa suatu sekolah atau madrasah layak dikatakan sebagai sekolah atau madrasah sehat.

“Dulu namanya penilaian sekolah sehat yang hasilnya akan ditetapkan juara 1 sampai 3. Tapi sekarang tidak berupa juara, tetapi berupa pemberian sertifikat yang menyatakan bahwa suatu sekolah atau madrasah dinyatakan sehat,” jelasnya.

Syahril juga mengatakan bahwa sekolah yang lolos sebagai sekolah sehat di tingkat kota Padang dan mendapatkan sertifikat maka akan diusulkan kepada tingkat yang lebih tinggi.

“Bila sekolah yang kami kunjungi memenuhi strata dan memenuhi semua dokumen yang kita minta maka akan kami usulkan ke tingkat propinsi,”jelasnya lagi.

Syahril menambahkan bahwa kriteria dari sekolah atau madrasah sehat tersebut ada empat strata, yaitu stratifikasi minimal, standar, optimal dan paripurna. Sedangkan di masing-masingnya ada unsur pendidikan kesehatan, lingkungan, dan keorganisasian kesehatannya.

Ketika kru humas MAN 1 Kota menanyakan tentang hasil penilaian MAN 1 Kota Padang, Syahril menjelaskan bahwa berdasarkan wawancara dan ekspos kepala madrasah bahwa menunjukan nilai yang positif karena seluruh warga MAN 1 ini sudah menjalani pembinaan sekolah atau madrasah sehat.

“Berdasarkan keterangan dan dokumen yang kami lihat, ternyata madrasah ini mendukung untuk dinyatakan sebagai sekolah sehat tetapi perlu peninjauan. Dan kita berharap agar MAN 1 maju ke tingkat selanjutnya dengan mengikuti saran dari tim penilai,” jelasnya juga.

Ikut dalam rombongan ini kepala bagian kesejahteraan masyarakat pemerintah daerah kota Padang, unsur dinas pendidikan yang diwakili pengawas sekolah, dinas kesehatan dan kementerian agama kota Padang.(Ai)

 

 

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS