Ticker

6/recent/ticker-posts

LULUSAN APIKES IRIS YANG BERPRESTASI WISUDA KE XX DAPAT BEKERJA DI LUAR NEGERI

 



Padang, - Jurnalis Sumbar

Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan (APIKES) Iris Padang kembali mewisuda diploma baru melalui rapat senat terbuka di Hotel Truntum Padang. pada Kamis (02/11/2023).


Diploma Tiga (D.III) program studi (Prodi) Ilmu Rekam Medis yang diwisuda tahun akademik 2022/2023 ini berjumlah 38 lulusan. Dengan wisuda yang ke XX, maka APIKES Iris sejak berdirinya tahun 2000 menghasilkan alumni sebanyak 1433 lulusan. 


Dari sejumlah wisudawan tersebut terdapat 3 orang diantaranya dinyatakan sebagai lulusan terbaik, yaitu terbaik satu bernama Muhammad Naufal, lulusan terbaik kedua Rindy sakila, kemudian terbaik ketiga Monika Apriliani, sementara yang mempunyai nilai cumlaude ada sebanyak 5 orang dengan nilai IPK 3,50 sampai 3,98.


Direktur APIKES Iris Padang, Sayati Mandia, M.Sc mengatakan kepada awak media, selama ini lulusan APIKES Iris Padang 90 persen diantaranya sudah bekerja pada Rumah Sakit pemerintah dan swasta, Aparatur Sipil Negara (ASN), Klinik dan di Tempat-tempat pelayanan kesehatan yang tersebar dipelosok Indonesia,"ucap Sayati Mandia.


Tahun 2020 Indonesia dilanda Covid-19 (pandemi), pada masa itu para mahasiswa terus berjuang belajar dengan sistim daring melalui zoom, Alhamdulillah bisa melewatinya dan akhirnya berhasil diwisuda tahun sekarang 2023 dengan jumlah lulusan sebanyak 38 orang.


Untuk prodi rekam medis yang lulusan sekarang merupakan satu-satunya di  Indonesia yang mahasiswanya melakukan Praktek Lapangan (PL) di rumah sakit Malaysia. Dalam 2 tahun ini APIKES Iris telah mengirimkan mahasiswa untuk melakukan (PL) di rumah sakit Internasional.


Saat ini APIKES Iris telah mengadakan kerjasama  dengan rumah sakit Malaysia. Syarat untuk pengiriman mahasiswa ke luar negeri harus bisa berbahasa Inggris dan punya prestasi akademik yang bagus.


Untuk kedepannya APIKES Iris Padang akan mengadakan kerjasama dengan pihak pemerintah seperti Australia, saat ini masih dalam penjajakan, mudah-mudahan kedepan bisa terlaksana dan  berjalan dengan baik," harapan Sayati.


Lebih lanjut Sayati menyampaikan. Pada bulan September 2023 APIKES Iris sudah menambah  satu Prodi baru, setelah keluar SK baru dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk sarjana terapan (D4) dengan program studi baru (Prodi) yaitu,   Manajemen Informasi Kesehatan yang merupakan sambungan dari Prodi Rekam Medis.


Lulusan  APIKES Iris tidak hanya diharapkan untuk menjadi  pegawai tapi juga harus punya jiwa enterpreneur, karena salah satu mata kuliah  ada pelajaran kewirausahaan. Untuk saat ini mahasiswa yang aktif belajar di APIKES Iris berjumlah 220 orang saya berharap lulusan APIKES Iris dapat memimpin rumah sakit di Indonesia untuk kedepan nya, " ungkap Sayati mengakhiri. (Kitti)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS