Ticker

6/recent/ticker-posts

Gen Z sebagai ambassador konservasi alam, why not?

 


Oleh : Afifah Abdul Rahman


Kerangka:

1. Bagaimana Gen z bisa menjadi ikon konservasi

2. pemanfaatan media sosial sebagai penggerak masyaakat

3. Sebagai trend masa kini

4. manfaat gen z sebagai ambassador konservasi

5. kesimpulan

Pada zaman sekarang ini pasti kita sering mendengar istilah Gen Z. Emang apa sih Gen Z itu?. Gen Z merupakan salah satu istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan anak muda pada zaman sekarang ini. Gen Z sangat identik dengan kemajuan zaman mereka yang sangat terbuka akan perkembangan teknologi terutama di media sosial. Sehingga Generasi Z seringkali update akan permasalahan sosial yang berada di lingkungan mereka. Lalu bagaimana bisa Gen Z menjadi arus dalam perkembangan konservasi lingkungan saat ini?

 Media sosial yang berkembang saat ini seperti instagram, twitter, dan tiktok sedang maraknya digunakan di kalangan masyarakat. Salah satunya yaitu Gen Z yang seringkali update di media sosial mengenai lingkungan sekitarnya bahkan ide ide konten yang banyak ditonton oleh semua kalangan. Bahkan salah satu pekerjaan yang diinginkan oleh para Gen Z salah satu diantaranya yaitu ngin menjadi seorang content creator. Hal tersebut membuktikan bahwa genereasi saat ini update dan mudah untuk menjangkau infirmasi hanya dalam genggaman mereka. Lalu apa hubungannya dengan konservasi?

 Dengan pengaruh Generasi Saat ini upaya konservasi terhadap lingkungan juga dapat dilakukan dengan baik. Seperti mulai banyaknya content creator dari anak muda yang mulai membahas terkait dengan upaya menjaga alam. Salah satu contonya yaitu pandawara. Pandawara aktif dan viral di platform tiktok, yang mana kontennya berisikan bagaimana mereka membersihkan sungai sungai yang ada di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam konservasi lingkungan. Apabila dilihat dari pengaruh content pandawara, pada saat ini banyak sekali content creator maupun masyarakat yang mulai peduli dengan kebersihan sungai di daerah mereka. Banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang menirukan kegiatan pembersihan sungai. Hal tersebut tentu berdampak positif dan dapat dijadikan sebagai bukti bahwa Gen Z dapat dijadikan sebagai ambassador ataupun ikon penggerak masyarakat dalam bidang konservasi.

 Dalam peningkatan keasadaran masyarakat saat ini juga banyak sekali anak muda yang sudah mulai sadar dengan konservasi. Bahkan Saat ini konservasi sudah dijadikan sebuah trend di kalangan Gen Z. Mereka mulai measukkan nilai nilai konservasi yang secara tidak langsung memberikan pengetahuan mengenai konservasi di kalangan masyarakat umum. Sehingga saat ini lembaga lembaga konservasi mulai memanfaatkan media sosial untuk mengajak para Generasi muda mengikuti kegiatan kegiatan konservasi seperti salah satunya yaitu WWF yang aktif dalam bermedia sosial. Sehingga pengembangan nilai nilai konservasi lingkungan meningkat seiring berjalannya waktu.

 Dengan maraknya media sosial dan Gen Z sebagai ambassador pada nilai nilai konservasi lingkungan tersebut maka akan berdampak besar bagi masyarakat yang dapat menjangkau dunia hanya dalam genggaman. Sudahkah kamu menjadi bagian dalam pergerakn konservasi di sekitar ?


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS