Ticker

6/recent/ticker-posts

Reses Anggota DPRD Padang Yandri di Masjid Jamiatul Huda Ketaping Kuranji, Warga Harapkan Bantuan Sosial hingga Modal Usaha

 



PADANG, - Anggota DPRD Kota Padang Yandri, S. Pd, M. Pd., menggelar kegiatan reses III tahun 2023 di Masjid Jamiatul Huda Ketaping Kelurahan Pasar Ambacang  Kecamatan Kuranji Kenagarian Pauh IX, Kamis, 7 September 2023.


Reses itu dihadiri oleh Lurah Pasar Ambacang Irwan, RT/RW, ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bundo kanduang dan ratusan warga.


Lurah Pasar Ambacang Irwan pada kesempatan itu mengungkap sosok Yandri yang dikenal sebagai tokoh masyarakat yang jauh sebelum menjadi anggota DPRD Kota Padang telah terlibat aktif dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di daerah ini.


"Masyarakat Kelurahan Pasar Ambacang wajib bersyukur. Karena kita di daerah ini diwakili oleh dua orang putra terbaik kita di DPRD Kota Padang, salah satunya adalah Pak Yandri," katanya.


Dengan demikian, jelas Lurah Irwan, maka masyarakat di Kelurahan Pasar Ambacang akan mudah untuk mendapatkan anggaran pembangunan.


"Salah satu fungsi anggota DPRD adalah bidang penganggaran, sehingga akan mudah bagi beliau menganggarkan untuk pembangunan di daerah kita," terangnya.


Reses ini, ungkap Lurah Irwan, merupakan salah satu cara bagi anggota dewan bertemu dengan konstituennnya untuk menyerap aspirasi terkait pembangunan di suatu daerah.


"Nanti silahkan bapak ibu mengusulkan apa yang dibutuhkan di lingkungan kita. Nanti usulan program itu akan diperjuangkan di DPRD Kota Padang," pungkasnya.


"Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pak Yandri yang selama ini telah memperhatikan aspirasi dan pembangunan di daerah ini. Sudah banyak program yang diluncurkan untuk masyarakat dan daerah kita," urainya.


Sementara itu, warga yang hadir pada kegiatan tersebut meminta Yandri untuk memperjuangkan bantuan sosial dan bantuan modal usaha. 


"Ada warga kami, yang masih belum menerima bantuan sosial saat ini. Padahal, mereka layak untuk menerima bantuan, tapi tidak dimasukan ke dalam DTKS," kata Deni, salah seorang pengurus RT.


"Kami meminta Pak Dewan untuk memperjuangkan biaya sekolah untuk anak kami," pinta Yuliarni.


Merespon permintaan warga itu, anggota DPRD Kota Padang Yandri mengatakan, reses bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dan nantinya diperjuangkan di DPRD Kota Padang.


"Anggota dewan merupakan wakil rakyat. Ketuanya ya rakyat itu. Maka kewajiban kami sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Reses ini bertujuan menjaring aspirasi rakyat," katanya.


Dikatakan Yandri, bagi warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), maka bisa mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kota Padang melalui Pokok-pokok Pikiran (Pokir) anggota dewan.


Untuk bantuan biaya pendidikan, jelas Yandri, warga juga harus masuk data DTKS. 


"Bantuannya nanti bisa melalui Dinas Sosial, bisa juga melalui Dinas Pendidikan. Kalau tidak masuk DTKS, bisa nanti melalui Baznas," cakap anggota dewan dari PAN ini.


Sementara itu, bagi warga yang membutuhkan bantuan modal usaha melalui bantuan UMKM. Namun, harus mengurus terlebih dahulu Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.


"NIB itu bisa diurus secara onlin melalui OSS. Bisa melalui hp atau komputer. Atau kalau tidak bisa, datang ke kelurahan. Karena di setiap kelurahan ada petugasnya," jelas Yandri.


Setelah NIB ada, kata Yandri, warga yang membutuhkan silahkan datang menemuinya untuk mendapatkan bantuan UMKM dan dianggarkan pada tahun 2025.


"Kalau NIB sudah ada, silahkan datang ke saya, kalau tidak tahu rumah saya, ajak Pak RT atau Pak RW, Insya Allah kita bantu," tukuknya.


Yandri mengatakan, dirinya juga akan menganggarkan untuk program pelatihan, misalnya pelatihan merias atau kecantikan. (*)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS