Ticker

6/recent/ticker-posts

449 Pelajar MAN 2 Kota Padang Ikuti Kemah Pendidikan Madrasah 2023

 



Padang, Jurnalissumbar 


Ratusan pelajar MAN 2 Kota Padang mengikuti kegiatan Kemah Pendidikan Madrasah (Kemdikma) tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan 14 hingga 16 September 2023 di Camping Ground Nagari Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.


Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi mengatakan bahwa kegiatan pramuka merupakan wahana pembentukan karakter siswa yang mandiri, kreatif dan bertanggung jawab.


"Karena dalam Pramuka itu siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian," kata Akhri Meinhardi, saat ditemui Jurnalissumbar usai upacara pembukaan Kemdikma.


Disamping itu, Akhri Meinhardi mengungkapkan bahwa kegiatan pramuka akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.


Kata Kepala Madrasah, Kemdikma merupakan kegiatan yang sarat dengan nuansa pendidikan keagamaan, kepramukaan, seni dan olah raga. Disamping itu, Kemdikma juga ajang untuk refreshing.


"Dengan melihat lingkungan pepohonan hijau dengan udara segar yang melimpah serta sungai yang bersih, pastinya akan membuat suasana hati siswa akan menjadi lebih baik," ungkap Akhri Meinhardi.


Dia berharap, setelah mengikuti rangkaian kemah, siswa akan memiliki rasa solidaritas dan tanggung jawab yang tinggi, baik ketika berada di madrasah maupun pada saat di rumah.


"Selama ini di rumah, anak ada yang tidak bisa masak, sekarang  bisa memasak, semula malas, sekarang sudah ringan tangan. Karena disini dididik bagaimana mereka memiliki rasa tanggung jawab dengan tugas masing masing," kata Akhri Meinhardi.


Sementara itu, ketua panitia Kemdikma Yuliasman mengatakan, Kemdikma diikuti 449 siswa kelas X yang berasal dari 13 rombongan belajar (rombel). Disamping itu, terdapat 221 panitia yang berasal dari siswa, guru dan pegawai serta dewan kehormatan.


Kemdikma itu sendiri dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi, Jum'at (15/09/2023) pukul 09.30 WIB. Hadir dalam pembukaan tersebut, pengawas Madrasah, Syafrullah, Ka-TU, Arisman, para wakil kepala, pembina, guru/pegawai dan dewan kehormatan Pramuka. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS