Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN Unand Mengadakan Demonstrasi Pembuatan Pupuk Cair PSB dan Pembuatan Briket dari Tongkol Jagung

 


Nagari Sitalang, Ampek Nagari, Agam - Pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 mahasiswa KKN Unand di Nagari Sitalang mengadakan demonstrasi pembuatan pupuk cair PSB dan briket yang berasal dari tongkol jagung. Kegiatan demonstrasi dilakukan di Jorong Kampung Melayu di Pasar Raba'a. Acara ini dihadiri oleh beberapa kelompok wanita tani di Jorong Kampung Melayu.


Pembuatan pupuk PSB merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memanfaatkan limbah rumah tangga seperti limbah air kolam. Dilatar belakangi oleh nagari yang memiliki aliran pembuangan limbah yang cukup baik, mulai dari menggunakan _septic tank_ hingga menggunakan kolam yang juga sekaligus dapat dipergunakan sebagai kolam ikan. 


"Belum memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Oleh karena itu dilakukan pengolahan limbah rumah tangga ini menjadi pupuk cair yang bermanfaat untuk perkembangan tanaman," kata Tamara.


Kegiatan _trial and error_  ini dimulai dari persiapan bahan pupuk seperti telur, MSG, air  kolam, dan beberapa alat yang dibutuhkan untuk persiapan pengolahan pupuk PSB. Selanjutnya proses pembuatan pupuk yang diawali dengan pengadukan telur hingga timbul busa yang kemudian dicampurkan dengan 1 bungkus MSG dan 3 liter air kolam/ air limbah rumah tangga. Pupuk PSB tersebut difermentasi dan dijemur selama kurang lebih 2 minggu hingga pupuk berubah warna hingga kecoklatan atau kemerahan. 


Kegiatan demonstrasi ini direspon baik oleh kelompok wanita tani Jorong Kampung Melayu karena ini bermanfaat untuk diaplikasi terhadap tumbuhan warga. Serta bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. 


Setelah dilakukan demonstrasi pembuatan PSB, kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan briket dari tongkol jagung. Berdasarkan hasil pengamatan setelah melakukan kegiatan KKN di Nagari Sitalang mengetahui bahwa Nagari Sitalang memiliki hasil pertanian jagung yang cukup banyak. Sehingga mahasiswa KKN memiliki inisiatif mengolah sebuah limbah hasil pertanian jagung.


Kebanyakan hasil dari pertanian perkebunan ini menghasilkan limbah atau sisa yang belum dilakukan pengolahan. Sejauh ini masyarakat hanya membuang limbah pertanian atau pun perkebunan dengan cara membakar. Oleh karena itu dilakukan pengolahan limbah jagung yakni tongkol jagung. Tongkol jagung tersebut diolah menjadi briket yang dapat digunakan dan memiliki nilai jual untuk meningkatkan ekonomi para petani.


Ibu-ibu kelompok wanita tani Jorong Kampung Melayu ikut serta dalam melakukan demonstrasi pembuatan pupuk PSB dan briket dari tongkol jagung. Setelah demo berakhir pupuk PSB dan briket yang telah berhasil dibuat saat trial and error, pupuk PSB  yang dibuat secara langsung dapat dibawa untuk dicobakan pada tanaman yang dimiliki ibu KWT Jorong Kampung Melayu. Serta briket dari tongkol jagung juga dapat menjadi peluang usaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi limbah pertanian.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS