Ticker

6/recent/ticker-posts

KKN PPM 2023 Mahasiswa Universitas Andalas di Nagari Campago

 


Oleh: Mahasiswa KKN Unand Nagari Campago


Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Andalas (KKN PPM Unand) merupakan sarana untuk menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus. Mahasiswa dan masyarakat saling memberikan pendekatan lintas keilmuan yang telah diperoleh secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat.  

KKN PPM Unand yang dilaksanakan di Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 27 orang yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Mahasiswa tersebut didampingi oleh Dosen Pedamping Lapangan (DPL) yang bernama Ir. Lusi Maira, M.Agr.S.c seorang dosen dari Fakultas Pertanian Unand. Mahasiswa-mahasiswa KKN Unand terdiri dari fakultas yang berbeda-beda.  Mereka akan ber-KKN selama 40 hari mulai dari tanggal 10 Juli sampai 21 Agustus.

Pada hari pertama kedatangan di lokasi KKN, seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan penyerahan mahasiswa kepada Wali Nagari Campago yang dihadiri langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan hingga acara selesai. Di dalam kegiatan penyerahan, staff wali nagari dan masyarakat menyambut mahaiswa KKN Unand dengan baik dan memberikan semangat untuk menjalankan amanahnya dengan sebaik mungkin untuk memajukan dan memberikan sebuah apresiasi untuk masa yang akan datang. 

Mahasiswa KKN juga mengadakan kegiatan yang telah ada di Nagari Campago, kegiatan bulanan atau pun kegiatan mingguan seperti wirid, gotong royong, dan manujuah hari atau yasinan. Mahasiswa ikut membersamai kegiatan yang dilaksanakan warga tersebut. Dengan adanya kegiatan tersebut mahasiwa dan masyarakat dapat menjalin  tali silahturami selama berjalannya KKN. Masyarakat Nagari Campago juga bersemangat untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam proker yang dilakukan mahasiswa KKN. Proker-proker yang dilakukan mahasiswa selama KKN yaitu proker pertanian, peternakan dan IPTEK.

Selain mengerjakan proker-proker, mahasiswa KKN Unand juga mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA. Di SMP mahasiswa mengenalkan tentang hidup sehat (kesehatan) dan mengetahui tentang berkendara dengan baik. Di SMA dilakukan sosialisasi tentang pengenalan kampus. Sosialisasi ini juga termasuk proker mahasiswa KKN Unand Nagari Campago yang bertujuan untuk memberi pemahaman dan tambahan ilmu kepada adik-adik sekolah yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dari sosialisasi yang dijalani oleh mahasiswa KKN juga didamping oleh guru sekolah yang didatangi.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS