Ticker

6/recent/ticker-posts

SD Fransiskus Bukittinggi meraih Literasi terbaik Tingkat Nasional

 


 


Tajam pisau karena diasah” salah satu adagium yang berarti bahwa orang yang rajin belajar akan lebih banyak memiliki asset kepandaian.


Terobosan kegiatan di sekolah merupakan salah satu kontribusi dunia pendidikan dalam membentuk generasi literat salah satunya dapat dilakukan melalui GLS (Gerakan Literasi Sekolah).


Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan salah satu kegiatan untuk menggerakkan literasi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional, sehingga akan dapat tercipta pembelajaran sepanjang hayat.




Sesuai dengan program pemerintah “Bukittinggi Hebat” Hebat dalam sektor pendidikan, SD Fransiskus terus memberikan inovasi terbaik dalam hal pendidikan serta kreativitas.




Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Fransiskus R. Sorta Situngkir Ia sangat mengapresiasi dan bangga terhadap murid dan guru yang telah bekerja keras selama ini sehingga SD Fransiskus meraih juara kategori Literasi Terbaik Guru dan Siswa Tingkat Nasional pada November 2022 lalu.Sabtu (24/06/2023)


“Melalui hal tersebut itu tentunya menjadi suport sehingga anak-anak juga termotivasi dan mereka tidak berhenti sampai di situ saja bahwa anak-anak juga punya kompetensi, Dari situ anak-anak mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 pada akhir-akhir semester itu ditayangkan literasi literasi mereka seperti yang ada di kompleks sedang dipajang sekarang itu hasil panen Karya,”jelasnya


Fransiskus juga selalu memberikan support kepada anak-anak setiap akhir semester untuk 3 besar diberikan reward berupa piagam dan piala kepada anak-anak tersebut .




Lanjut sorta, Ujian ANBK yang dilakukan tahun pelajaran 2023 untuk tingkat gugus, dari 24 sekolah SD Fransiskus ujian digital kelas 6 meraih juara 3 dan kemudian untuk nilai ijazah tertinggi gugus panjang itu nomor 2 dari 24 sekolah dari 60.000 reward se- Bukittinggi,


Dan untuk se-kota madya Bukittinggi SD Fransiskus meraih peringkat 6 dari 63 sekolah Semuanya itu dibawah binaan pengawas Dr.maswardi yang selalu memberikan support dan motivasi kepada sekolah di wilayah binaan.


“Jadi Bapak Drs Maswardi inilah yang selalu memberikan motivasi, support dan reward kepada anak anak kami yang memperoleh nilai-nilai terbaik, baik itu untuk tingkat kecamatan Kota maupun Provinsi untuk Thun ini Atletik Lari Formula juara satu mewakili Bukittinggi atas nama Amira siswa kelas 5 B. Kami dari pihak sekolah mohon dukungan dan doa agar nantinya sukses di tingkat Provinsi.


Sorta menambahkan, kedepannya kami berharap kalau dapat jangan hanya nomor 2 dan 3 tetapi number one SD Fransiskus, nantinya strategi yang akan saya gunakan untuk SD Fransiskus tahun 2023 dan 2024 dalam rangka kurikulum merdeka kelas 1, 4, THN P 2022/2023. Dan dilanjutkan kelas 2, dan 5 untuk Tahun pelajaran.2023/2024 kelas 3 dan 6 memakai kurikulum 13, karena SD Fransiskus juga tidak mau ketinggalan guru-guru saya sudah membuat Google Site dan sudah dikirimkan ke Bapak Korwas dan juga ke bidang pkpmp dinas pendidikan,” pungkas Sorta.



Sementara itu, Korwas Dinas Pendidikan kota Bukittinggi, Drs Maswardi mengatakan, sangat mengapresiasi SD Fransiskus yang telah meraih Literasi terbaik Tingkat Nasional,


saya telah menyampaikan ke sekolah sekolah supaya membudidayakan literasi di masing-masing sekolah. Dan hampir seluruh sekolah yang ada di Bukittinggi telah bergerak dengan literasi ini,”ujar muswardi


Kami berharap kedepannya literasi ini bukan hanya menjadi selogan tapi betul betul menjadikan suatu budaya bagi anak-anak yang bisa mengembangkan potensi ana kita dan juga sekolah yang ada dikota Bukittinggi.



Karena literasi bagi kami adalah jendela ilmu yang bisa membuka anak kita berliterasi digital literasi teknologi dan lain – lain,” imbuhnya


Salah seorang wali murid SD Fransiskus kelas 4A Frida Mariana mengatakan, selama pengajaran dari kelas 1 sampai kelas 4, sangat bagus sekali, kita disini terakhir di kelas 4, karena saya akan meneruskan kembali ke Jakarta


“Selama pengajaran yang anak saya dapat disini sangat bagus sekali inilah sekolah yang menurut saya setelah kami survey dari sebelumnya ini adalah sekolah yang terbaik, ” ujarnya.


Ia berharap untuk pengajarannya lebih ditingkatkan lagi dengan anak anaknya, sehingga fasilitas fasilitas yang didapatkan nanti disekolah ini akan jauh lebih baik lagi.


(An)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS