Ticker

6/recent/ticker-posts

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. Mewisuda 1634 Lulusan Universitas Negeri Padang Periode Ke-131





PADANG - Pada saat ini dirasakan kuatnya arus perubahan global yang menyentuh segenap aspek kehidupan, seperti ekonomi, perkembangan teknologi, perubahan tatanan sosial- masyarakat, pandangan politik, tak terkecuali pada aspek pendidikan. Perubahan global ini dapat menjadi tantangan yang kompleks, namun juga peluang besar bagi perkembangan bangsa.


Demikian disampaikan oleh Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam pidatonya

berjudul "Membumikan Nilai-nilai Karakter Kebangsaan di Perguruan Tinggi Melalui Pendidikan Multikultural" pada upacara Wisuda ke-131 periode Juni Tahun 2023 bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.



"Untuk itu, penting bagi kita untuk menyikapi perubahan global dengan mindset yang benar. Perubahan global tersebut harus dilihat sebagai batu lompatan bagi perubahan positif bangsa dan kita harus mengadopsi sikap terbuka dan proaktif dalam menghadapi perubahan tersebut," tambah Prof. Ganefri.






Menurut Prof. Ganefri, pendidikan harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan global dan menjadi agen perubahan yang berkelanjutan/sustainable dalam masyarakat.


Lebih lanjut kata Rektor Prof. Ganefri, pengembangan mindset yang adaptif, kreatif dan inovatif akan dapat mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan serta mampu berpikir kritis, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan yang beragam dan kompleks.



Selain itu, kata Prof. Ganefri, karakter kebangsaan ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa di tengah arus globalisasi yang dapat mempengaruhi identitas nasional. Karakter kebangsaan Indonesia memainkan peran kunci dalam membangun identitas nasional yang kuat dan menumbuhkan rasa kebersamaan di antara warga negara.


Untuk itu, kata Prof. Ganefri, Ph.D. pendidikan multikultural akan menjadi sarana yang efektif dalam menghadapi tantangan ini dan endidikan multikultural mendorong pengakuan, penghargaan, dan penerimaan terhadap keragaman budaya di Indonesia.


"Melalui pendekatan ini, mahasiswa diajarkan untuk menghargai perbedaan, saling menghormati, dan memahami berbagai perspektif. Dalam konteks ini, nilai-nilai karakter kebangsaan seperti gotong royong, toleransi, dan kerjasama dapat diperkuat," jelas Prof. Ganefri.


Pada upacara Wisuda ke-131 Universitas Negeri Padang, hadir Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, M.Si. memberikan Orasi Ilmiah di hadapan 1634 wisudawan/wisudawati. (ET)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS