Ticker

6/recent/ticker-posts

Subuh Mubarak UNP Pagi Ini: Nabi Ibrahim, Teladan dalam Ketaatan, Kemanusiaan, dan Kebangsaan

 



PADANG - Selain kuliah Subuh pagi ini, pada pagi ini Universitas Negeri Padang juga akan melaksanakan Kuliah Umum bersama Ustaz Abdul Somat yang bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang.


Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan pada Jumat (26/5) pagi ini yang dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang. Kegiatan Subuh Mubarak ini juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.



"Prof. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D. kita harapkan menjadi dosen tamu dan diharapkan dapat memberikan kuliah umum setiap semester di Universitas Negeri Padang," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.



Pada kesempatan itu, Prof. Ganefri, Ph.D.menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesediaan Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum. sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan secara luring dan daring.


Dalam ceramahnya dengan topik "Nabi Ibrahim, Teladan dalam Ketaatan, Kemanusiaan, dan Kebangsaan",Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum. menyampaikan bahwa kuliah subuh dengan Subuh Mubarak ini merupakan usaha kita untuk mendapatkan keberkahan dari Allah untuk melaksanakan tugas kita di bidang pendidikan khususnya.



"Di dalam Alquran ada dua Nabi yang disebutkan atau ditegaskan untuk diteladani yakni Nabi Muhammad saw dan Nabi Ibrahim as," jelas Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum.


Pada kesempatan itu, Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum. juga mengemukakan bahwa kita diperintahkan untuk menghayati dengan sepenuhnya isi kandungan Alquran tersebut.


"Nabi Ibrahim diberikan julukan di dalam Alquran sebagai orang yang sangat dekat dengan Allah. Oleh karena itu, dinyatakan juga bahwa Nabi Ibrahim juga sangat dekat dengan makhluk Allah seperti sangat dengan dengan malaikat Israil," jelas Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum.


Lebih lanjut Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum. menyampaikan bahwa malaikat Israil pernah mengingatkan kepada Nabi Ibrahim tentang banyaknya utusan atau peringatan yang sudah ada selain pertemuan dengan Israil seperti kulit yang keriput, rambut yang memutih, penglihatan yang mulai kabur, dan sebagainya.



"Kita perlu meneladani Nabi Ibrahim sebagai pribadi yang sangat dekat dengan Allah seperti dalam hal ketaatan kepada Allah, kekhawatiran dirinya kepada Allah, berdoa kepada Allah, sebagainya," tambah Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum.


Selain itu, Ustaz Abdul Salam, S.Ag., M.Hum. juga mengajak kita selalu berdoa untuk senantiasa selalu keberkahan untuk pribadi, untuk keluarga, untuk pendidikan, untuk Universitas Negeri Padang. (ET)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS