Ticker

6/recent/ticker-posts

PT Pegadaian Gelar Pelatihan Mitra Dakwah Bagi Para Da’i se Kota Padang

 




PT Pegadaian menggelar pelatihan mitra dakwah yang berlangsung di Hotel Pangeran Padang, Sumatera Barat Rabu 24 Mei 2023.


Kegiatan ini diikuti oleh ustaz, mubalig dan pengurus masjid yang ada di Kota Padang. Hadir sebagai pemateri Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah sekaligus Dewan pengawasan PT Pegadaian KH Muhammad Cholil Nafis.






Dalam penjelasannya, Cholil menyampaikan beberapa materi soal akad – akad dalam pegadaian. Ia mengatakan secara landasan argumentsi dan perintah agama Islam, transaksi gadai sangat kuat karena ditegaskan langsung oleh Alquran dan dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Bukhari.



“Yang terpenting mengikuti tata cara atau aturan dalam pegadaian itu,” kita dia.


Ia menjelaskan, transaksi gadai  yang original sudah termaktub dalam sumber ajaran agama. Memang ada beberapa aturan yang berubah seiring perkembangan jaman. Salah satunya soal kelalaian penjamin tak mengikuti aturan Pegadaian.



“Aturannya sudah disepakati oleh ulama,” kata Cholil.



Ia juga menyampaikan soal jaminan emas yang dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji.


“Emas dan dokumen haji tersimpan dengan aman serta jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat pelunasan,” katanya.



Ia berharap, para mita dakwah paham soal aturan dan akad pegadaian, sehingga tidak gagal paham soal gadai.


Sementara, Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Kanwil 2 Pekan Baru, Maryono mengatakan, pengadaian bisa memberikan pembiayaan lebih mudah untuk haji dan umrah.



“Persatuan mubaligh se- kota Padang diharapkan berperan untuk menyampaikan informasi ini kepada semua. Memberikan kemudahan soal pembiayaan haji, dan tidak terlalu mahal,” kata Maryono.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS